Sistem Informasi Penentuan Guru Berprestasi pada SMA Negeri di Kota Palangkaraya Berbasis Website

Authors

  • Okta Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Novera Kristianti Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Nahumi Nugrahaningsih Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i4.20097

Keywords:

Sistem Informasi, Guru Berprestasi, Penilaian Guru, Website, Metode Waterfall

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam pembangunan suatu bangsa, dan guru berperan sentral dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. Guru berprestasi diharapkan dapat memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan menghasilkan siswa yang unggul. Sejalan dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008, guru yang berprestasi berhak mendapatkan penghargaan. Namun, dalam pelaksanaan program guru berprestasi di SMA Negeri Kota Palangka Raya, proses penilaian masih dilakukan secara manual dan subjektif, yang mengurangi transparansi.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Penentuan Guru Berprestasi Berbasis Website pada SMA Negeri di Kota Palangka Raya. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode waterfall, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi, serta pengujian sistem dengan metode Blackbox. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, PHP, CSS, Bootstrap, JavaScript, dan MySQL. Website ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dalam melakukan penilaian dan menentukan peringkat guru berprestasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berjalan sesuai dengan fungsinya dan dapat membantu dalam penilaian guru berprestasi di SMA Negeri Kota Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2