Rancang Bangun Sistem Informasi Perbaikan pada Toko Safari Indah Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v5i2.22446Keywords:
Sistem Informasi, Perbaikan Peralatan, Efisiensi Operasional, Toko Safari Indah, WebsiteAbstract
Toko Fotokopi Safari Indah adalah usaha yang menyediakan layanan fotokopi, print, dan pengelolaan dokumen. Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah pengelolaan peralatan yang masih dilakukan secara manual, terutama dalam pencatatan kerusakan dan perbaikan. Proses manual ini tidak efisien, sering menyebabkan hilangnya data dan keterlambatan perbaikan, yang berdampak pada downtime peralatan serta menurunkan produktivitas dan kualitas layanan.
Dengan perkembangan teknologi, penerapan sistem berbasis website menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Sistem informasi yang dirancang akan membantu pengelolaan kerusakan dan perbaikan peralatan secara lebih efisien, memungkinkan pencatatan laporan kerusakan dan pemantauan perbaikan secara real-time, serta penyimpanan data yang terpusat dan aman. Pengembangan sistem ini menggunakan metodologi Waterfall dan mencakup modul-modul utama seperti manajemen laporan kerusakan, perbaikan, dan ketersediaan barang.
Implementasi sistem ini diharapkan dapat mengurangi downtime peralatan, meningkatkan produktivitas karyawan, serta memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan. Dengan sistem yang lebih terstruktur, Toko Safari Indah dapat beroperasi lebih efektif dan responsif terhadap permasalahan teknis.
References
A. Ardiansyah, D. Pratmanto, and S. Aji, “Sistem Informasi Jasa Servis Printer Dengan Metode Waterfall,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse18
A. M. Taufik, “APLIKASI SISTEM PAKAR PERBAIKAN MESIN FOTO COPY CANON DENGAN METODE FORWARD CHAINING.”
B. Daniawan, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Hardware Komputer Berbasis Website Menggunakan Metode Backward Chaining.”
O. : Syaprina, L. A. Abdillah, and N. Sopiah, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER (Studi Kasus: CV Computer Plus Palembang).”
R. Noviardi, “SISTEM PAKAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DALAM MENGANALISA KERUSAKAN MESIN FOTOKOPI DAN PENANNGGULANGANNYA (STUDY KASUS DI Q-EL COPIER SERVICE CENTER AND DISTRIBUTOR),” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 163–172, Apr. 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.548.
E. Tuti Siregar and E. Astuti, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBAIKAN MESIN PRODUKSI KERAMIK DAN GRANIT BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT.JUISHIN INDONESIA),” Jurnal Informatika Kaputama), vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2017.
M. A. Rahman and R. Lubis, “Sistem Informasi Perbaikan Kualitas Layanan Laundry Di UMKM Baby Dear Karawang Information System Laundy Service Quality Improvement in Baby Dear Karawang,” vol. 2, no. 2, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.