Rancang Bangun Sistem Informasi Perbaikan pada Toko Safari Indah Berbasis Website

Authors

  • Muhammad Ribhansyah Aqil Akbar Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Syarif Fatturrakhman Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Rony Teguh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Abertun Sagit Sahay Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Liyando Hermawan Hasibuan Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v5i2.22446

Keywords:

Sistem Informasi, Perbaikan Peralatan, Efisiensi Operasional, Toko Safari Indah, Website

Abstract

Toko Fotokopi Safari Indah adalah usaha yang menyediakan layanan fotokopi, print, dan pengelolaan dokumen. Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah pengelolaan peralatan yang masih dilakukan secara manual, terutama dalam pencatatan kerusakan dan perbaikan. Proses manual ini tidak efisien, sering menyebabkan hilangnya data dan keterlambatan perbaikan, yang berdampak pada downtime peralatan serta menurunkan produktivitas dan kualitas layanan.
Dengan perkembangan teknologi, penerapan sistem berbasis website menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Sistem informasi yang dirancang akan membantu pengelolaan kerusakan dan perbaikan peralatan secara lebih efisien, memungkinkan pencatatan laporan kerusakan dan pemantauan perbaikan secara real-time, serta penyimpanan data yang terpusat dan aman. Pengembangan sistem ini menggunakan metodologi Waterfall dan mencakup modul-modul utama seperti manajemen laporan kerusakan, perbaikan, dan ketersediaan barang.
Implementasi sistem ini diharapkan dapat mengurangi downtime peralatan, meningkatkan produktivitas karyawan, serta memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan. Dengan sistem yang lebih terstruktur, Toko Safari Indah dapat beroperasi lebih efektif dan responsif terhadap permasalahan teknis.

References

A. Ardiansyah, D. Pratmanto, and S. Aji, “Sistem Informasi Jasa Servis Printer Dengan Metode Waterfall,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse18

A. M. Taufik, “APLIKASI SISTEM PAKAR PERBAIKAN MESIN FOTO COPY CANON DENGAN METODE FORWARD CHAINING.”

B. Daniawan, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Hardware Komputer Berbasis Website Menggunakan Metode Backward Chaining.”

O. : Syaprina, L. A. Abdillah, and N. Sopiah, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER (Studi Kasus: CV Computer Plus Palembang).”

R. Noviardi, “SISTEM PAKAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DALAM MENGANALISA KERUSAKAN MESIN FOTOKOPI DAN PENANNGGULANGANNYA (STUDY KASUS DI Q-EL COPIER SERVICE CENTER AND DISTRIBUTOR),” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 163–172, Apr. 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.548.

E. Tuti Siregar and E. Astuti, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBAIKAN MESIN PRODUKSI KERAMIK DAN GRANIT BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT.JUISHIN INDONESIA),” Jurnal Informatika Kaputama), vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2017.

M. A. Rahman and R. Lubis, “Sistem Informasi Perbaikan Kualitas Layanan Laundry Di UMKM Baby Dear Karawang Information System Laundy Service Quality Improvement in Baby Dear Karawang,” vol. 2, no. 2, 2022.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ribhansyah Aqil Akbar, M., Fatturrakhman, S., Teguh, R., Sagit Sahay, A., & Hermawan Hasibuan, L. (2025). Rancang Bangun Sistem Informasi Perbaikan pada Toko Safari Indah Berbasis Website. Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2), 208–216. https://doi.org/10.47111/jointecoms.v5i2.22446

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.