SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : DAMPAK TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : DAMPAK TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Nisya Fajri Universitas Negeri Surabaya
  • M. Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • S. Masitoh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083

Keywords:

teknologi pendidikan, berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaboratif, matematika, educational technology, critical thinking, creative thinking, collaborative, mathematics

Abstract

Pentingnya keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam konteks abad ke-21 menjadi sorotan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak teknologi pendidikan terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam pembelajaran matematika diberbagai negara. Metode Systematic Literature Review (SLR) diterapkan untuk menyelidiki dampak teknologi pendidikan pada keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam pembelajaran matematika. Melalui protokol PRISMA, terdapat 12 artikel yang terpilih setelah dilakukan penilaian kualitas studi, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif peserta didik. Teknologi pendidikan yang banyak diterapkan adalah memfasilitasi pembelajaran yaitu dengan pendekatan STEM. Pendekatan STEM juga dapat dikolaborasikan dengan berbagai model pembelajaran ataupun alat bantu lainnya. Melalui penelitian ini juga diketahui bahwa STEM merupakan pendekatan yang banyak digunakan di dalam pembelajaran matematika di negara Indonesia dan juga negara Turki. Penerapan teknologi pendidikan dalam pembelajaran matematika tidak hanya dapat meningkat kinerja dalam bentuk hasil belajar, namun juga dapat mengembangkan berbagai keterampilan abad 21 yang dibutuhkan dalam dunia kerja terutama keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Selain itu keterampilan komunikasi menjadi keterampilan yang menarik untuk dikembangkan. Penelitian ini memberikan hasil yang bermanfaat dalam memahami pentingnya teknologi pendidikan dalam pengembangan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-20