PENGARUH PELATIHAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BARA-BARAYA 1 KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i2.13304Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengukkur kompetensi awal guru dalam membuat media
video, mendeskripsikan gambaran pelaksanaan pelatihan media video, dan
mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan media video terhadap kompetensi
guru dalam membuat media pembelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota
Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan media video terhadap peningkatan
kompetensi guru dalam membuat media pembeelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1
Kota Makassar. Lokasi penelitian di laksanakan di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota
Makassar. Sampel pada penelitian ini sebanya 10 guru dengan menggunakan teknik
sampling purosiveI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan twknik
observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan
pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji ttest maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi guru dalam membuat media
pembelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1. Setelah pelaksanaan pelatihan media
video lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media video. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan media video menggunakan aplikasi
Wondershare Filmora terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran di SD Negeri
Bara-Baraya 1 Kota Makassar.