PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PADANG
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.19060Keywords:
Canva, Learning OutcomesAbstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Padang, dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas IX F berjumlah 32 siswa dan Kelas IX H berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 11 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, data penelitian termasuk kedalam data normal, sehingga dilakukan uji independent simple t-test untuk melakukan uji statistik. Berdasarkan hasil output uji independent simple t-test dengan SPSS 23 yang telah peneliti lakukan di atas dapat diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) bernilai 0,0001 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak yang artinya Ha diterima. Hal ini berarti uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen serta terdapat pengaruh yang signifikan (nyata) antara penggunaan aplikasi Canva melalui Akun Belajar.Id terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas IX di SMP Negeri 1 Padang.
Kata kunci: Canva, Akun Belajar.Id, Hasil Belajar, Informatika.
Abstract
This study used a quantitative approach in the form of a Quasi Experiment. The population of this study were all students of class IX SMP Negeri 1 Padang, and the sampling technique was purposive sampling technique, namely class IX F totaling 32 students and class IX H totaling 32 students. Data collection techniques using tests, in the form of statements as many as 11 statement items and data analysis techniques using normality tests, homogeneity tests, hypothesis tests, data collection tools used statement sheets. Then the data is processed by the difference test (t-test) using the help of the SPSS 23 for windows application.
Based on the results of the research data analysis that has been carried out, the research data is included in normal data, so an independent simple t-test is carried out to conduct statistical tests. Based on the results of the independent simple t-test output with SPSS 23 that the researcher has done above, it can be seen that the sig (2-tailed) value is 0.0001 <0.05. Thus it can be concluded that, H0 is rejected which means Ha is accepted. This means that the hypothesis test shows that there is a significant difference between the control class and the experimental class and there is a significant (real) influence between the use of the Canva application through the Learning.Id account on student learning outcomes in class IX Informatics subjects at SMP Negeri 1 Padang.
Keywords: Canva, Learning Account.Id, Learning Outcomes, Informatics.