PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU

Authors

  • Nur Fadhli Rasyid Fadhli Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v3i2.8742

Keywords:

Pengaruh Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Geografi SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dampak video pembelajaran terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting, dengan manfaat yang diharapkan baik secara teori maupun praktik. Hasil penelitian ini harus dipahami sebagai rekomendasi untuk desain pembelajaran berkualitas tinggi di sekolah. Pendekatan dan jenis penelitian, pendekatan desain deskriptif kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental. Variabel dan desain penelitian. Jenis variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat sedangkan desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Postest. Populasi dan sampel, populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting, sampel terdiri dari sejumlah anggota terpilih. Metode pengumpulan data: observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data: analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh penggunaan Windows Movie Maker terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-30