Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Pengembangan Kreativitas Gerak Pada Siswa SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023

Sebuah Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Pengembangan Kreativitas Gerak Pada Siswa

Penulis

  • Fizensa Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v4i2.11222

Kata Kunci:

kreativitas, ekstrakurikuler, seni tari, siswa

Abstrak

Hampir disetiap sekolah yang ada di kota Palangka Raya, salah satu sekolah tersebut yaitu SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya. Pembelajaran seni budaya yaitu seni tari lebih dikembangkan dalam ekstrakurikuler. Hal ini dikarenakan minat siswa yang cukup antusias dalam materi seni tari. Antusias siswa – siswi dalam mengikuti ekstrakurikuler tari kreasi Dayak juga dipicu oleh mata pelajaran di sekolah kejuruan yang mana lebih difokuskan pada pelajaran spesifik mengenai jurusan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dalam pengembangan kreativitas pada siswa di SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data temuan yang berupa tulisan penjelasan argumentasi pandangan, kata-kata dan dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti dan dapat dipercaya.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model data interaktif miles dan Hubberman. Paparan data peneliti peroleh dari sumber utama, yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru Pembimbing Ekstrakurikuler, Pelatih Tari, dan Siswa - siswi Ekstrakurikuler Tari. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pengembangan kreativitas gerak pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler tari ini berjalan dengan lancar dan berhasil. Keberhasilan ini dapat dilihat pada siswa atau peserta yang mengikuti ekstrakurikuler tari saat ini telah mampu menari dengan baik. Perkembangan kreativitasnya juga terlihat saat siswa diberikan tugas oleh guru atau pelatih untuk membuat dan merangkai beberapa ragam gerak tari menjadi sebuah tarian baik itu secara individu maupun kelompok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayu Devi Susanty, N. (2021). Makna Gerak Tari Pakarena Samboritta Di Kelurahan Kalase’rena Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Fakultas Seni dan Desain).

Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dewi, R. S. (2012). Keanekaragaman Seni Tari Nusantara. PT Balai Pustaka (Persero).

Fevy Febrianti. 2019. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Seni Tari (Saman) di SMP Negeri 10 Bnagko Pusako KAB. Rokan Hilir TA. 2018/2019. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP UIR PEKANBARU.

Harianti, U. D., & Damayanti, A. (2022). Pembuatan Manipulasi Tekstil dengan Teknik Fabric Slashing Pada Ready To Wear. Garina, 14 (1), 121-137.

I Putu, P. Y., Ni Ketut, R. A., & Agus Ngurah, A. P. (2022). PERANCANGAN BUKU DAFTAR MENU BLI WAYAN CAFE AND KITCHEN.

Lestari, R. Y. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan watak kewarganegaraan peserta didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Narnoatmojo Winarno. 2018. Ekstrakulikuler di Sekolah. Jurnal FBS UNP. Halaman 2-3.

Nurkhamalia, S. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari (Rentak Bulian) Di SMP Negeri 21 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuda yaan Republik Indonesia. 2014. Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Implementasi Kurikulum. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Diterbitkan

02-01-2024

Cara Mengutip

Fizensa. (2024). Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Pengembangan Kreativitas Gerak Pada Siswa SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023: Sebuah Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Pengembangan Kreativitas Gerak Pada Siswa . Tambuleng, 4(2), 28–35. https://doi.org/10.1234/jt.v4i2.11222

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)