Strategi Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Pra Sekolah Melalui Metode Bernyanyi Di Kb Permata Bundacembor - Mojokerto

Penulis

  • Jihan Kusuma Wardhani Universitas KH. Abdul Chalim
  • Eli Jannati Universitas KH Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.14383

Kata Kunci:

Kosakata bahasa inggris, Metode bernyanyi, Anak usia prasekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode bernyanyi mampu meningkatkan kosakata bahasa inggris pada anak usia pra sekolah di KB Permata Bunda Cembor Mojokerto dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif agar data lapangan dalam bentuk presentase hasil dapat maksimal, penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih untuk mendukung hasil data yang sistematis serta objektif. Hasil dari penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris ini dinyatakan berhasil dari hasil data penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam kurun waktu 14 hari berturut-turut menghasilkan presentase 85,71% setelah diterapkan metode bernyanyi yang menyatakan bahwa presentase tersebut meningkat dari presentase awal yakni 28,57% penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil. Pembelajaran bahassa inggris pada anak usia dini sering dianggap sulit oleh karena itu dibutuhkan inovasi baru agar mudah diterapkan dan mudah diterima oleh anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini.

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media.

Iskandar, A. M. (2023). BAB VIII Landasan Sosiologi Pendidikan. Pengantar Pendidikan.

Iswandi, L. (2020). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini di Kelompok A PAUD Kasih Ibu. Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan.

Laela, R. (2022). Penggunaan Metode Bernyanyi .

Manikam, A. F. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Mustofa, T. (2021). Urgensi pendidikan akal untuk perkembangan anak usia dini. AlUlum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 8(2).

Nasional, D. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Edisi Kelima. Pembelajaran Matematika Kelas Vi B Di Mi Ma'arif Nu 01 Dawuhan Wetan Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN).

Unduhan

Diterbitkan

02-07-2024

Cara Mengutip

Wardhani, J. K., & Jannati, E. (2024). Strategi Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Pra Sekolah Melalui Metode Bernyanyi Di Kb Permata Bundacembor - Mojokerto. Tambuleng, 5(1), 60–77. https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.14383

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)