Analisis Psikomotorik Melalui Ekstrakurikuler Menari Kelas B1 Di Tk Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo

Penulis

  • Jihan Kusuma Wardhani Universitas KH. Abdul Chalim
  • Dini Oktaviani Universitas KH. Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.13405

Kata Kunci:

Psikomotorik, Ekstrakurikuler Menari, Anak Usia Dini

Abstrak

Perkembangan psikomotorik memiliki peran penting dalam pengembangan anak, di antaranya untuk memperbaiki kemampuan motorik anak, baik yang halus maupun kasar terutama anak-anak. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengamati siswa kelompok di TK Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo yang sudah berkembang psikomotoriknya melalui ekstrakurikuler menari dengan menggunakan tari sidoarjo gemah ripah loh jinawi dan tari semut. Maka adanya penelitian ini bertujuan: 1) Bagaimana Psikomotorik Anak melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Menari di TK Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo 2) Bagaimana Proses Kegiatan Ekstrakurikuler Menari di TK Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo, Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Lapangan (Field research), di mana peneliti akan langsung terlibat dalam pengumpulan data terkait topik penelitian. Subjek penelitian terdiri dari seluruh Siswa Kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo. Pendekatan pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: anak-anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo pengembangan psikomotoriknya sudah baik dan berkembang. Hal ini ditandai dengan tercapainya indikator-indikator dalam instrumen penelitian oleh anak-anak: 1) Imitasi 2) Manipulasi 3) Presisi 4) Artikulasi 5) Naturalisasi.

 

Kata kunci: Psikomotorik, Ekstrakurikuler Menari, dan Anak Usia Dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Haryanggita, Achmadhan Katon and Heri Murbiyanto, ‘Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi’, Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3.1 (2015),

Sholikhah, Almar and dkk, ‘Analisis Peranan Zakat Produktif Melalui Program Lapak Berkah Disabilitas Untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik’, Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2 (2022)

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal), Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ‘Veteran’ Yogyakarta Press, 1st edn (Yogyakarta, 2020).

Latifah, Erlin Yusuf Zaenal Abidin, and Ahmad Agus Sulthonie, ‘Manajemen Strategik Rumah Amal Salman Dalam Meningkatkan Fundraising Zakat’, Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 2.1 (2017),

Dewi,Fitri Chintia, Heny Rohayani, and Ayo Sunaryo, ‘Di Sanggar Sekar Panggung Metro Mall’, (2013).

Helaluddin, Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (Sekolah Tinggi Theologia Jaffary),

Wulandari, Ida Ayu Gde and I Wayan Suyanta, ‘Guru Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Taksonomi Bloom’, Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.2 (2019),

Gunawan,Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2014),

Lestari Ddk, ‘Pengembangan Seni Tari Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Machita Kota Bengkulu Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu Tahun 2’, Skripsi, (2019),

Nuryanti, Robandi Roni, and Helmi Ismail, ‘Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria’, Cakrawala Dini, 5.2 (2015),

Program Studi Pendidikan Jasmani Kehatan dan Rekreasi, ‘Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMKN 4 Pekan Baru Skripsi Dtajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sajana Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Suharno,Puguh. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi Dan Praktis (Jakarta: PT. Indeks, 2009),

S.Sujarwo R. Septianingsih, D. Safitri, ‘Cendikia Pendidikan’, Cendekia Pendidikan, 1.1 (2023)

Widiasari, Choiriyah and others, ‘Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melalui Kegiatan Outing Class Di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo’, Buletin KKN Pendidikan, 1.2 (2020),

Unduhan

Diterbitkan

02-07-2024

Cara Mengutip

Wardhani, J. K. ., & Oktaviani, D. (2024). Analisis Psikomotorik Melalui Ekstrakurikuler Menari Kelas B1 Di Tk Dharma Wanita Persatuan Mergosari, Sidoarjo. Tambuleng, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.13405

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)