PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DAN PENDEKATAN PERKEMBANGAN MODAL KOGNITIF

Authors

  • yohanes permana yohanes

Keywords:

Karakter, Pendidikan, Kognitif, Moral, Pengembangan.

Abstract

Pendekatan internalisasi merupakan teknik penanaman nilai yang menyasar pada tahap kepemilikan nilai yang menyatu dengan kepribadian siswa, atau sampai pada taraf karakterisasi. Tahapan teknik internalisasi ini adalah (1) tahap transformasi nilai (2) tahap transaksi nilai dan (3) tahap trans- internalisasi. Pendekatan Pengembangan Moral Kognitif ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk berpikir aktif tentang masalah moral dan membuat keputusan moral. Menurut pendekatan ini, perkembangan moral dipandang sebagai perkembangan tingkat berpikir dalam membuat pertimbangan moral, dari tingkat berpikir yang lebih rendah ke tingkat berpikir yang lebih tinggi. Pendekatan ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu melalui: (1) menghadirkan dilema moral. (2) setelah dilema moral yang bermasalah disajikan, dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang terbagi. Setelah itu, (3) membawa hasil diskusi kelompok ke dalam diskusi kelas, dengan tujuan mengklarifikasi nilai, menciptakan alternatif dan konsekuensi; (4) setelah siswa berdiskusi secara intensif dan memilih beberapa nilai yang dipilih berdasarkan alternatif yang diusulkan, maka mereka dapat mengorganisasikan nilai-nilai yang dipilih ke dalam dirinya sendiri. Kata kunci: Karakter, Pendidikan, Kognitif, Moral, Pengembangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-20

How to Cite

permana, yohanes. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DAN PENDEKATAN PERKEMBANGAN MODAL KOGNITIF. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(2). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/4750
Abstract viewed = 15 times