KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH KANTOR PERTANAHAN KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Suprayitno Universitas Palangka Raya
  • Febriani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya
  • Sri Mujiarti Ulfah Universitas Palangka Raya

Keywords:

Kualitas, Pelayanan Publik, Sertifikat Tanah, Kantor Pertanahan

Abstract

Pelayanan adalah sebagai suatu usaha untuk membantu menyiapkan atau mengurus segala sesuatu yang diperlukan seseorang. Pelayanan hendaknya dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi setiap orang yang membutuhkan. Akan tetapi sangat disayangkan, pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada Kantor  Pertanahan kota Palangka Raya dalam hal penerbitan sertifikat tanah terbilang cukup lama. Hal ini lah yang seringkali dikeluhkan oleh masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah. Dalam penelitian ini akan membahas terkait dengan kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah yang dilihat dari dimensi tangible (bukti fisik seperti fasilitas kantor), reliability (kehandalan pegawai menjalankan tugas sesuai SOP), responsiveness (sikap dan cara pegawai merespon), emphaty (kepedulian dan ikut merasa kesulitan yang dialami masyarakat), telah berjalan dengan baik. Namun kualitas pelayanan pada dimensi assurance (waktu dan biaya dalam pelayanan) masih belum berjalan dengan baik, meskipun dalam pelayanan biaya sudah sesuai dengan SOP, namun waktu penerbitan sertifikat tanah yang terlampau lama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ibrahim, A. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Mukarom, Z., M.J. Laksana. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik: Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: CV Pustaka Setia.

Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, H. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sinambela, L., Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan: Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang baik. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Roskarya.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Suprayitno, Febriani, & Mujiarti Ulfah, S. (2024). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH KANTOR PERTANAHAN KOTA PALANGKA RAYA. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(1), 350–364. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/12386

Issue

Section

Articles