Pengelolaan Kinerja Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kecamatan Batuceper

Authors

  • Inda Riana Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Irvan Arif Kurniawan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v14i2.19245

Keywords:

Kinerja, Sumber Daya Manusia, Balanced Scorecard

Abstract

Dalam upaya untuk meningkatkan kinerja SDM, pendekatan yang digunakan untuk menilai dan mengukur kinerja sangat beragam. Salah satu pendekatan yang cukup populer dan dapat diterapkan dalam konteks ini adalah Balanced Scorecard (BSC), yang melihat kinerja dari empat perspektif utama: finansial, pelanggan, proses internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Kecamatan Batuceper sebagai salah satu kecamatan di Kota Tangerang menghadapi tantangan yang serupa dalam memberikan pelayanan yang optimal. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ditemukan penerapan Balanced Scorecard (BSC) dapat membantu Kecamatan Batuceper dalam mengevaluasi kinerja SDM dan merumuskan strategi untuk perbaikan pelayanan yang lebih baik.

Kata Kunci:  Kinerja, Sumber Daya Manusia, Balanced Scorecard

References

Candra w, A., & Maulana, A. (2023). Kinerja SDM Aparatur Melalui Pelayanan Administrasi di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/par.v1i1.1938

Nurfitriani, N., Kulsum, U., Sunarto, S., & Heriyanto, H. (2024). Pengembangan Model Evaluasi Kinerja Sdm Berbasis Balanced Scorecard: Studi Pada Perusahaan Jasa Konsultan. Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 241–250. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.456

Sarah, T. (2023). Peran Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pakis. Dedikasi, 24(2), 47. https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.6893

Wahyu, E., Rokhman, N., Pudyaningsih, R., & Rizqi, A. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(11).

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Riana, I., & Irvan Arif Kurniawan. (2025). Pengelolaan Kinerja Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kecamatan Batuceper . Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 14(2), 702–714. https://doi.org/10.37304/jispar.v14i2.19245

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.