IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • DIPERJA PURBA
  • Riamona S.Tulis

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v6i2.414

Keywords:

Implementasi,, Corporate Social Responsibility (CSR).

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Implementasi Program  Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah.  Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah? Serta faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah?

Teori yang digunakan peneliti yaitu teori Implementasi Kebijakan dari Van Metter dan Van Horn yang dipengaruhi oleh enam variabel yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan (disposition) para agen pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berdasarkan informasi dari staff bagian CSR PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah dan masyarakat penerima bantuan dana program CSR itu sendiri. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis datanya berupa tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.

Hasil penelitian implementasi program CSR di PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah belum terlaksana dengan optimal, hal ini terjadi karena sumber daya manusia yang mengelola CSR masih kurang mumpuni serta tidak ada divisi khusus yang mengelola CSR itu sendiri sehingga program CSR yang dilaksanakan Bank Kalteng selama ini tidak berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-26 — Updated on 2021-01-15

Versions

How to Cite

DIPERJA PURBA, & Riamona S.Tulis. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TENGAH. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.37304/jispar.v6i2.414 (Original work published November 26, 2019)

Issue

Section

Articles