PEMANFAATAN TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD
Ignatia Imelda Fitriani & Mastuah
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.10147Abstract
Teknologi yang semakin berkembang secara pesat memberikan dampak yang
cukup besar terhadap kehidupan dalam berbagai aspek, termasuk dunia pendidikan. Guru
sebagai pemimpin dalam pembelajaran dituntuk untuk mampu beradaptasi dan siap
berubah, agar dapat menghadapi tantangan di era industri 4.0. Pemanfaatan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu media
yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada observasi awal, adanya sarana
dan prasarana TIK di TK di Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur dan
sesuai Permendikbud 137 tahun 2014, kompetensi pedagogik guru PAUD juga
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan kegiatan
pengembangan yang mendidik, berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian
tentang Pemanfaatan TIK pada Guru PAUD sebagai media pembelajaran di Kecamatan
Pematang Karau Kabupaten Barito Timur. Dengan tujuan untuk mengetahui Pemanfaatan
TIK pada guru PAUD sebagai media pembelajaran di Kecamatan Pematang Karau
Kabupaten Barito Timur.
Penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah 16 guru di 6
sekolah TK pada wilayah yang sudah diimbangi internet di Kecamatan Pematang Karau
Kabupaten Barito Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif
persentase dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian studi Tentang Pemanfaatan TIK pada Guru PAUD Di Kecamatan
Pematang Karau Kabupaten Barito Timur dengan persentase 84,47% termasuk dalam
kategori sangat baik.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan TIK pada Guru
PAUD Di Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur sangat baik. Hal ini
menunjukkan sarana dan prasarana TIK yang ada telah dimanfaatkan dengan kemampuan
literasi guru yang berupa kemampuan membaca, berbicara, melihat, mendengarkan, dan
berpendapat yang baik berpotensi pada kemampuan pemanfaatan TIK.
Kata Kunci : TIK, Guru Paud, Media Pembelajaran