PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI
Salsabila Hasiana Tanjung , Kamtini Kamtini, Dwi Maya Novitri , Dorlince Simatupang
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.10464Abstract
Pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini dikonsepkan dalam kondisi
yang menyenangkan dan bermakna. Hal tersebut dapat memberikan kontribusi yang
signifikan terhadap perkembangan dan keterampilan pada anak usia dini.
Keterampilan berkomunikasi anak usai dini menjadi hal yang penting untuk diberikan
pengiatan dan stimulasi yang tepat untuk membantu anak melaksanakan aktifitas
kesehariannya. Pembelajaran saintifik menjadi salah satu pendekatan pembelajaran
yang memiliki kebermaknaan bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat peran pelaksanaan pembelajaran saintifik untuk dapat membstimulasi
keterampilan berkomunikasinya. Peneliti melakukan pengamatan kepada prilaku anak
dalam keterampilan berkomunikasi. Anak usia 5-6 tahun diberikan pembelajaran
saintifik dan para peneliti melihatbagaimana anak melakukan interaksi dalam aktifitas
pembelajaran. Metodologi yang digunakan merupakan penelitian eksperimen
.Pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui pendekatan saintifik memberikan
wadah bagi anak untuk dapat berkomunikasi bagi anak berdasarkan aktifitas-aktifitas
yang diberikan dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran saintifik diperoleh
skor tertinggi pretest adalah 15, setelah diberi perlakuan skor posttest tertinggi adalah
19 dengan skor rerata 3,8 .
Kata Kunci : Pembelajaran, Saintifik, Komunikasi, Anak