PENGARUH KEPEMIMPINAN TEKNOLOGI TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER V NON-REGULER STAI KUALA KAPUAS

Ushansyah Ushansyah, Ahmad Subhan, Wahidin Wahidin

Authors

  • Adminpintarharati

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12592

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan teknologi terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa non-reguler di Sekolah Tinggi Agama Islam Kuala Kapuas. Menggunakan metode analisis korelasional dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini, seluruh mahasiswa semester v program non-reguler berjumlah 130 orang. Adapun teknik penarikan sampel dengan random sampling, penentuan sampel pada tingkat kesalahan 14% berjumlah 37 responden. Uji soal pernyataan yang diberikan kepada responden telah dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian, analisis tahap akhir yakni variabel kepemimpinan teknologi (X) terhadap variabel kualitas pembelajaran (Y) menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil yang diperoleh dalam kegiatan uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif kepemimpinan teknologi terhadap kualitas pembelajaran yakni rhitung sebesar 0,636 berada pada interval koefisen 0,60 – 0,799 maka korelasi berada pada tingkat kuat. Dengan demikian, semakin baik kepemimpinan teknologi pembelajaran oleh dosen maka semakin efektif dan efisien kegiatan pembelajaran.
Kata kunci : Kepemimpinan Teknologi, Kualitas Pembelajaran, Teknologi Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-30 — Updated on 2023-12-30

How to Cite

Adminpintarharati. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN TEKNOLOGI TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER V NON-REGULER STAI KUALA KAPUAS: Ushansyah Ushansyah, Ahmad Subhan, Wahidin Wahidin. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 19(2), 1–8. https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12592

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>