PENGARUH KEPEMIMPINAN TEKNOLOGI TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER V NON-REGULER STAI KUALA KAPUAS
Ushansyah Ushansyah, Ahmad Subhan, Wahidin Wahidin
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12592Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan teknologi terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa non-reguler di Sekolah Tinggi Agama Islam Kuala Kapuas. Menggunakan metode analisis korelasional dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini, seluruh mahasiswa semester v program non-reguler berjumlah 130 orang. Adapun teknik penarikan sampel dengan random sampling, penentuan sampel pada tingkat kesalahan 14% berjumlah 37 responden. Uji soal pernyataan yang diberikan kepada responden telah dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian, analisis tahap akhir yakni variabel kepemimpinan teknologi (X) terhadap variabel kualitas pembelajaran (Y) menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil yang diperoleh dalam kegiatan uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif kepemimpinan teknologi terhadap kualitas pembelajaran yakni rhitung sebesar 0,636 berada pada interval koefisen 0,60 – 0,799 maka korelasi berada pada tingkat kuat. Dengan demikian, semakin baik kepemimpinan teknologi pembelajaran oleh dosen maka semakin efektif dan efisien kegiatan pembelajaran.
Kata kunci : Kepemimpinan Teknologi, Kualitas Pembelajaran, Teknologi Pembelajaran