PERUBAHAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR PADA ANAK KELOMPOK B2 TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v20i2.17433Abstract
Literasi dasar adalah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca menulis dan menghitung, serta kemampuan analisis untuk mempertimbangkan, mempersepsikan, berkomunikasi dan menggambarkan informasi berdasarkan pemahaman dan kesimpulan pribadi. Pada tingkatan Anak Usia Dini (AUD) literasi berhubungan dengan apa yang anak peroleh dari lingkungan sekitarnya, melalui proses mereka berbicara, berinteraksi dan mengamati kegiatan disekitarnya. Dan literasi merupakan kemampuan melek kata, melek huruf dan melek makna dalam keterampilan berbahasa yang mencakup keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis untuk membantu anak memenuhi kebutuhannya dalam lingkup budaya dan sosial anak. Dalam hal ini, media flash card hadir untuk membantu mengembangkan literasi dasar anak. Dengan media Flash card yaitu media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar dan gambarnya itu bisa dibuat oleh tangan, atau foto, atau memanfaatkan lembar foto atau gambar yang sudah ada lalu ditempel kan pada flash card yang dapat menarik perhatian anak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan literasi dasar pada anak kelompok B2 TK Harapan Bunda Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ‘One Group Pre-Test And Post-Test Design’. Dengan populasi anak kelompok B2 di TK Harapan Bunda Palangka Raya yang berjumlah 20 orang anak yang ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Lembar observasi digunakan sebagai instrument untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Ketentuan bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya apabila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung adalah (7,90719) dan ttabel dengan taraf signifikan yaitu 5% adalah (2,093024). Dengan thitung 7,90719 > ttabel 2,093024 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar anak kelompok B2 di TK Harapan Bunda Palangka Raya.