10.36873/jph.v17i1.3323 IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA GURU TK DI GUGUS X BUNGA MELATI KOTA PALANGKA RAYA
Desy Amalia, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i1.3323Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada guru TK di Gugus X Bunga Melati Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, karena dalam penelitian ini mendeskripsikan keadaan yang terjadi pada saat sekarang secara sistematis dan faktual dengan tujuan untuk memaparkan serta penyelesaian dari masalah yang diteliti. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling, jumlah sampel adalah 48 orang. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan rumus deskriptif persentase.
Dari Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa guru TK di Gugus X Bunga Melati Kota Palangka Raya baik dalam mengimplementasi pengelolaan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan deskriptif persentase dengan frekuensi 47 Guru di Gugus X bunga Melati Kota Palangka Raya menjawab pernyataan dengan hasil persentase 63.5% - 81.25% yang menunjukan bahwa jawaban responden termasuk dalam kategori baik dan 1 Guru menjawab pernyataan dengan presentase sebesar 82.25%-100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun pengelolaan pembelajaran yang dimaksud meliputi perencanaan dengan nilai rata-rata jawaban sebesar 68,82%, pelaksanaan sebesar 69% dan evaluasi sebesar 73,26%.
Kata Kunci: Kecerdasan Majemuk; Pengelolaan Pembelajaran