10.36873/jph.v17i1.3326 PENGARUH PERMAINAN POHON HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA JEKAN RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020
Dwi Rosiana
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i1.3326Abstract
ABSTRAK
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh permainan pohon huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B, sampel penelitian adalah anak kelompok B3 yang berjumlah 20 anak.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan kemampuan mengenal huruf pada anak usia kelompok B1 di TK Pembina Jekan Raya setelah melakukan kegiatan kegiatan permainan pohon (2) Mengetahui pengaruh permainan pohon huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B1 di TK Pembina Jekan Raya
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan statistic uji-t dengan rumus Thitung > Ttabel dan hasilnya bahwa t hitung sebesar 13,47 Sedangkan nilai t table dengan dengan taraf signifikan 5% dan db (N-1 = 20-1 = 19) adalah sebesar 2,093 Dengan demikian dapat diketahui t hitung > t table yaitu 13,47 > 2,093 Jika t hitung > dari t table maka Ha di terima dan Ho di tolak. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media permanaian pohon huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B3.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Huruf, Permainan Pohon Huruf