STRATEGI GURU DALAM MENSTMULUS KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN SABANGAU TAHUN AJARAN 2020/2021
Titania
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i2.4243Abstract
ABSTRAK
Usia dini merupakan masa keemasan dimana seluruh aspek perkembangan anak berkembang dengan pesat. Diantara tahapan dan usia yang dilalui anak, masa usia dini adalah waktu yang paling potensial dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan perkembangan otak pada usia ini mencapai hampir 80 %. Salah satu aspek perkembangan yang berkembang pesat pada usia dini adalah perkembangan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan guru dalam Menstimulus Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Populasi diambil dengan teknik observasi pada guru di seluruh TK Kecamatan Sabangau yang berumlah 30 orang. Angket digunakan sebagai intrusment untuk mengumpulkan data yang diperlukan, kemudian data diuji valid dengan menggunakan SPSS.
Kata Kunci: kosakata, Bahasa Indonesia