KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PALANGKA RAYA
Juraedah Juraedah & Rusmaladewi Rusmaladewi
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i2.4246Abstract
ABSTRAK
Untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Era New Normal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi didalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman keterampilan guru TK dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 di Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan rumus deskriptif persentase. Subjek penelitian terdiri dari guru TK di kota Palangka Raya yang berjumlah 63 orang. Berdasarkan kesimpulan data yang di kumpulkan dan hasil analisis data keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online di Kota Palangka Raya tergolong baik, Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan deskriptif persentase dengan frekuensi 63 Guru di Kota Palangka Raya menjawab pernyataan dengan hasil persentase 63.5% - 81.25% yang menunjukan bahwa keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pembelajaran Online