PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS BUDAYA BETANG PADA GURU PAUD DI WILAYAH DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)
Cahaya Afriani Napitupulu, Ignatia Imelda Fitriani, Dewi Rosaria Indah, Esta Fronika Telaumbanua, Saraswatie
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i2.4249Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran inovatif berbasis budaya di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Basarang, Kalimantan Tengah dikaji dalam penelitian ini. Budaya Betang yang di sisipkan dalam pendididikan melalui pembelajaran-pembelajaran yang inovatif merupakan langkah pelestarian kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran inovatif berbasis budaya Betang pada guru PAUD di wilayah Daerah Aliran Sungai Kalimantan Tengah. Aspek yang di analisa meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berupa angket digunakan dalam penelitian ini. Sumber data lainnya diperoleh melalui dokumentasi. Guru PAUD di Daerah Aliran Sungai menjadi subjek dalam penelitian ini. Statistik deskriptif digunakan sebagai analisis data. Adapun hasil analisis prosentase terhadap aspek Perencanaan Pembelajaran diperoleh hasil 90,72% dan hasil analisis prosentase terhadap aspek Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 89.57%. Total hasil analisis prosentase terhadap keseluruhan implementasi model pembelajaran inovatif berbasis budaya betang sebesar 89.95%.
Kata Kunci : Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran berbasis Budaya, Budaya Betang, Guru PAUD