KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MENGENALKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TEWANG SANGALANG GARING

Wita Susanti, Cahaya Afriani Napitupulu, Dewi Rosaria Indah

Authors

  • Adminpintarharati

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5018

Abstract

ABSTRAK Keterampilan mengajar guru sangat diperlukan agar guru dapat melaksanakan dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran dalam pengelolaan proses sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Keterampilan dasar mengajar yang diterapkan dengan baik akan diikuti proses dan hasil yang baik pula. Oleh karena itu guru dituntut menguasai keterampilan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Keterampilan Mengajar Guru Dalam Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Setelah data di kumpulkan dari hasil kuesioner sebagai alat utama memperoleh data dan nantinya di sajikan dalam bentuk tabel-tabel atau dilakukan pertabulasian, sesudah itu di lakukan analisis terhadap data yang ada kemudian di jelaskan dengan menyesuaikan data dari hasil pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru di Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Guru TK di Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan berada dalam kriteria baik dalam mengenalkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini.

Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Adminpintarharati. (2022). KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MENGENALKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TEWANG SANGALANG GARING : Wita Susanti, Cahaya Afriani Napitupulu, Dewi Rosaria Indah . Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 18(1), 30–42. https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5018