ASESMEN DAN RANCANGAN INTERVENSI ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR RAHMA SIDOARJO
Raiza Aulia
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5031Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk asesmen dan memberikan rancangan intervensi kepada siswa autisme di SLB Nur Rahma Sidoarjo. Permasalahan yang mendasari rancangan intervensi ini karena kurangnya tenaga pendidik yang ada di SLB Nur Rahma yang bebasis Yayasan sosial, sehingga peneliti tergerak hatinya untuk memberikan rancangan intervensi yang sekiranya dapat membantu meringankan guru pendamping serta mengomunikasikannya dengan orang tua siswa. Orang tua siswa yang berlatar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah tidak cukup tahu untuk mengatasi anak dengan autisme, sehingga mereka terkesan menitipkan anaknya di SLB tanpa tahu perkembangan dan ciri khas apa yang dimiliki anak mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan teknik observasi dan wawancara kepada orang tua, dan guru pendamping rancangan intervensi untuk anak autisme di SLB Nur Rahma ini yakni membangun kontak mata dan atensi, membangun komunikasi verbal dengan orang lain, fokus untuk memulai dan menyelesaikan tugas sasarannya pada guru. Hal tersebut dilakukan untuk membantu memberikan pelayanan kepada siswa autisme dari SLB Nur Rahma yang berbasis Yayasan Sosial.
Kata Kunci: autisme, rancangan intervensi, sekolah luar biasa