ASESMEN DAN RANCANGAN INTERVENSI ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR RAHMA SIDOARJO

Raiza Aulia

Authors

  • Adminpintarharati

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5031

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk asesmen dan memberikan rancangan intervensi kepada siswa autisme di SLB Nur Rahma Sidoarjo. Permasalahan yang mendasari rancangan intervensi ini karena kurangnya tenaga pendidik yang ada di SLB Nur Rahma yang bebasis Yayasan sosial, sehingga peneliti tergerak hatinya untuk memberikan rancangan intervensi yang sekiranya dapat membantu meringankan guru pendamping serta mengomunikasikannya dengan orang tua siswa. Orang tua siswa yang berlatar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah tidak cukup tahu untuk mengatasi anak dengan autisme, sehingga mereka terkesan menitipkan anaknya di SLB tanpa tahu perkembangan dan ciri khas apa yang dimiliki anak mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan teknik observasi dan wawancara kepada orang tua, dan guru pendamping rancangan intervensi untuk anak autisme di SLB Nur Rahma ini yakni membangun kontak mata dan atensi, membangun komunikasi verbal dengan orang lain, fokus untuk memulai dan menyelesaikan tugas sasarannya pada guru. Hal tersebut dilakukan untuk membantu memberikan pelayanan kepada siswa autisme dari SLB Nur Rahma yang berbasis Yayasan Sosial.
Kata Kunci: autisme, rancangan intervensi, sekolah luar biasa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Adminpintarharati. (2022). ASESMEN DAN RANCANGAN INTERVENSI ANAK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR RAHMA SIDOARJO : Raiza Aulia . Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 18(1), 70–88. https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5031

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>