KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MERANCANG PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BERBASIS NILAI BUDAYA DAERAH KALIMANTAN TENGAH
Intan Kamala, Rayne Praticia, Rusmaladewi Rusmaladewi, Indri Rahma F, Kezia Aprileony
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.8141Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam merancang program pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah di Prodi PG PAUD FKIP UPR. Mahasiswa pogram studi PG PAUD FKIP UPR yang juga sebagai calon guru bagi anak usia dini harus memiliki kemampuan dalam menyusun program pembelajaran dengan menuangkan nilai-nilai budaya tersebut kedalam sebuah perangkat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan data menggunakan test yaitu mahasiswa merancang RPPH yaitu rancangan program pembelajaran bagi anak usia dini berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah. Kemudian diberikan tiga kuesioner untuk menjaring data kemampuan mahasiswa tentang pengetahuan mahasiswa tentang nilai budaya daerah Kalimantan Tengah, dan kemampuan mahasiswa dalam merancang program pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah. Dalam penelitian ini juga dilakukan wawancara untuk melengkapi data tentang kesulitan mahasiswa dalam merancang pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah bagi anak usia dini. Dari hasil penelitian kemampuan mahasiswa terkait dengan Pengetahuan, tentang Pengetahuan Penyusunan Program Pembelajaran untuk Anak Usia Dini diatas, rata-rata nilai secara keseluruhan tergolong cukup 60,38%, pengetahuan budaya daerah di peroleh hasil sebesar 42,25%, masuk dalam kategori cukup. Sedangkan untuk pengetahuan tentang budaya daerah di peroleh sebesar 41,75% tergolong cukup.
Kata Kunci : Program Pembelajaran, Pendidikan, Nilai Budaya