POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK
Esteran Damanik, Fendy Suhariadi, Rini Sugiarti
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.8216Abstract
Sikap mandiri merupakan bagian dari perilaku anak yang harus dikembangkan sejak dini sebagai pondasi keterampilan kehidupan kelak.Usia dini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan segala aspek perkembangan karena anak mengalami proses tumbuh dan berkembang secara pesat. Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui individu sejak mereka lahir ke dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orang tua dalam membentuk kemandirian anak di kelas 2 & 3 SD EFATA di Baloi Permai, Batam . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, setelah itu diproses melalui triangulasi data. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa dari kelas 2 & 3 SD yang ada di sekolah EFATA. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh setiap orang tua yang menjalankan pola asuh yang sesuai akan cenderung dengan mudah membentuk kemandirian anak mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari empat jenis pola asuh hanya satu yang signifikan yaitu pola asuh otoratif ataupun demokratis.
Kata Kunci: Pola asuh, sikap mandiri dan, siswa.