PERENCANAAN PARIWISATA YANG ADAPTIF TERHADAP POTENSI LINGKUNGAN DAN PERUBAHAN EKOLOGI MENGACU PADA PERENCANAAN BERKELANJUTAN, STRATEGI PERENCANAAN REGIONAL DAN PERENCANAAN WISATA LOKAL DI KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Mandarin Guntur Jurusan Arsitektur Universitas Palangka Raya
  • Yunitha Jurusan Arsitektur Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v11i01.1979

Keywords:

Eco-development, Pariwisata, Perdesaan.

Abstract

Rencana pengembangan pariwisata di perdesaan yang adaptif terhadap potensi lingkungan dan perubahan ekologi di Kalimantan Tengah merupakan salah satu pilihan wisata yang menarik. Namun demikian, desa-desa yang diharapkan dapat menjadi pemicu pengembangan wisata tersebut sudah mengalami transformasi, menuju masyarakat perkotaan. Kebiasaan lama yang menjadi tradisi sudah pula ditinggalkan penduduk, layar kaca dan hiburan yang ditawarkan oleh media televisi telah banyak mempengaruhi dan mengubah pola hidup masyarakatnya. Selain itu pengrusakan hutan dan penambangan liar, merajalela di sepanjang sungai, sehingga menimbulkan dampak yang merusak lingkungan. Dilain pihak pemerintah daerah diharapkan dapat memacu pendapatan daerah, dari berbagai sektor, salah satunya adalah sektor wisata. Namun demikian peluang wisata yang ada belum bisa dikembangkan secara maksimal dan berkelanjutan, terutama yang adaptif terhadap potensi lingkungan dan perubahan ekologi.

Tulisan ini menjelaskan bagaimana mengembangkan wisata yang adaptif terhadap potensi lingkungan dan perubahan ekologi di Kalimantan Tengah. Mengacu pada perencanaan wisata yang berkelanjutan, strategi perencanaan regional, dan perencanaan wisata lokal. Interpretasi dilakukan secara langsung pada wilayah perdesaan di Kalimantan Tengah untuk menemu kenali potensi dasar wisata lokal yang dapat dikembangkan. Dalam tulisan ini menunjukan bahwa potensi pengembangan wisata perdesaan yang adaptif terhadap potensi lingkungan dan perubahan ekologi, merupakan kerjasama partisipatif masyarakat lokal, pemerintah daerah, dan swasta secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-31

How to Cite

[1]
M. Guntur and Yunitha, “PERENCANAAN PARIWISATA YANG ADAPTIF TERHADAP POTENSI LINGKUNGAN DAN PERUBAHAN EKOLOGI MENGACU PADA PERENCANAAN BERKELANJUTAN, STRATEGI PERENCANAAN REGIONAL DAN PERENCANAAN WISATA LOKAL DI KALIMANTAN TENGAH”, JPA, vol. 11, no. 01, pp. 222–232, Jul. 2016.

Most read articles by the same author(s)