PERANCANGAN KAWASAN WISATA ALAM DALAU BIRU DI DESA TEWANG RANGKANG, KABUPATEN KATINGAN

Authors

  • Yufri Andika Yufri Universitas Palangka Raya
  • Elis Sri Rahayu Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Fredyantoni F. Adji Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v19i1.12499

Keywords:

Wisata Alam, Danau, Kabupaten Katingan, Arsitektur Ekologis

Abstract

Sektor pariwisata berperan cukup penting dalam menunjang pembangunan wilayah karena salah satu yang menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Kabupaten Katingan memiliki beberapa destinasi wisata, salah satunya yaitu wisata Danau Biru yang ada di desa Tewang Rangkang. Danau Biru yang ada di Desa Tewang Rangkang merupakan danau yang terbentuk bukan karena hasil aktivitas alam, melainkan karena aktivitas penggalian tanah. Wisata alam Danau Biru ini menyuguhkan pemandangan danau dengan kondisi air yang jernih dan biru. Minimnya sarana rekreasi, sarana dan prasarana, dan kurangnya pemanfaatan potensi alam menyebabkan kurangnya minat pengunjung. Tujuan rancangan wisata alam danau biru untuk menjadikannya tempat rekreasi, wisata edukasi, dan menikmati suasana alam yang sejuk serta udara yang bersih dengan memanfaatkan potensi alam yang ada disekitar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, berupa pengumpulan data, analisis, dan sintesis. Kawasan wisata dirancang dengan mengutamakan kelestarian lingkungan alam, menghasilkan keharmonisan antara manusia dan lingkungan alam, dan pemanfaatan potensi alam sekitar. Berdasarkan masalah tersebut prinsip desain yang memenuhi yaitu Prinsip Arsitektur Ekologis. Prinsip Arsitektur Ekologis yaitu memperhatikan keselarasan dan keharmonisan antara manusia dan lingkungan alam. Arsitektur Ekologis diharapkan mampu menjadi jawaban untuk menciptakan tempat wisata dengan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata dengan konsep ramah terhadap lingkungan, dengan tetap meperhatikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung yang datang. Hasil perancangan adalah menciptakan tempat wisata yang tetap dapat dinikmati keindahan alamnya, dengan memperhatikan aspek desain yang berkesinambungan dengan alam, menjadi tempat reakreasi, tempat kuliner, oleh-oleh, tempat menginap dengan nuasa alam, dan dapat menampilkan budaya lokal setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Setiawan, F. Indrajaya, N. Sukmawatie, and S. Hut, “EVALUASI PEMANFAATAN LUBANG BEKAS TAMBANG PASIR DI DESA TEWANG RANGKANG KABUPATEN KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH”, 2022.

J. Manurung, “DPRD Kalteng Dorong Pemda Kembangkan Objek Wisata Danau Biru,” ANTARAKALTENG, 2020.

F. S. P. I. Sari M, “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH,”

Anterior Jurnal, 2022.

“UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN”,

Accessed: Jan. 18, 2024. [Online]. Available: https://berkas.dpr.go.id/puspanlakuu/kompilasi/kompilasi-public-223.pdf

F. Noveriano, “Analisis Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pariwisata Di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo”, 2018.

“PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2010.”

“PENGERTIAN DANAU DAN JENIS-JENISNYA,” JURNAL HASIL RISET. Accessed: Jan. 18,

[Online]. Available: https://www.e-jurnal.com/2013/11/pengertian-danau-dan- jenis-jenisnya.html

I. K. & W. I. N. Suwena, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan, 2017.

H. & S. B. Frick, Dasar-Dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta: KANISIUS, 1998.

S. Rauf, A. Siola, S. Haisah, and U. Ichsan Gorontalo, “PENATAAN KAWASAN WISATA

DANAU TERATAI DI BOALEMO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI,” 2021,

Venustas.

L. Prasetyo, R. R. Tobing, and H. Budiyuwono, “KONSEP EKOLOGIS DAN BUDAYA PADA PERANCANGAN HUNIAN PASKA BENCANA DI YOGYAKARTA”, 2018, [Online].

Available: https://www.bnpb.go.id/home/p

M. Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus”,2021, [Online]. Available: http://repository.uin-

G. Datak, V. Didin Ardiyani, and L. Diang Mahalia, “FORMULASI SEDIAAN KRIM EKSTRAK DAUN DAN KULIT BATANG KALAPAPA (Vitex Pinnata L.) SEBAGAI OBAT PENYEMBUH LUKA.”2016.

A.-A. Jurnal and O. E. Hapsari, “ANALISIS PENERAPAN GREEN BUILDING PADA BANGUNAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS : GREEN SCHOOL BALI)”,2018, [Online].

Available: www.al-ard.uinsby.ac.id

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

[1]
Y. . Yufri, E. S. Rahayu, and F. F. Adji, “PERANCANGAN KAWASAN WISATA ALAM DALAU BIRU DI DESA TEWANG RANGKANG, KABUPATEN KATINGAN”, JPA, vol. 19, no. 1, pp. 16–26, Jun. 2024.