PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 WONOKROMO
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7576Kata Kunci:
Hasil belajar, matematika, PBL, pembelajaran, pembelajaran berbasis masalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI SD Negeri Wonokromo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Wonokromo yang berjumlah 12 siswa dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang didapatkan pada prasiklus adalah 4 siswa atau 33% yang sudah mendapatkan nilai mencapai kriteria ketutasan minimum (KKM). Dan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 75% siswa tuntas KKM dan pada siklus ke II meningkat menjadi 100% siswa lulus.