Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Maeri Bnagun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.8826Kata Kunci:
Media Audio Visual, Bangun RuangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah
23 siswa, teknik pengambilan sampel yang dilakukan alam penelitian ini adalah sampel total atau seluruh populasi dijadikan sampel, jadi sampel yang digunakan berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil tes berbentuk pretest dan posttest dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik parametris dengan analisis t-test. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 25 dengan menggunakan paired sample t-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000<0.05. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test diketahui bahwa t-hitung sebesar 6.781 dan t-tabel sebesar 1.717. Berdasarkan hasil pengujian dinyatakan bahwa t-hitung > t-tabel (6.781>1.717). Melalui data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN 5 Langkai Palangka Raya.