Desain dan Estetika : Peran Branding dalam Desain Arsitektur

Authors

  • Onie Dian Sanitha Jurusan/ Prodi Arsitektur UPR
  • LMF Purwanto Program Studi Doktor Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Soegijapranata, Semarang
  • Robert Rianto W. Program Studi Doktor Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Soegijapranata, Semarang

Keywords:

Branding, Visual, Holistik, Persepsi Kualitas

Abstract

Branding memainkan peran penting dalam membentuk desain dan estetika bangunan arsitektur. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi branding dapat meningkatkan nilai estetika dan fungsionalitas bangunan, serta membangun identitas yang kuat dan konsisten. Dalam konteks arsitektur, branding dapat membantu menciptakan bangunan yang lebih menarik secara visual dan memiliki daya tarik emosional bagi pengguna. Ini dicapai melalui integrasi elemen-elemen desain yang sesuai dengan identitas merek, penggunaan material yang inovatif, dan penciptaan ruang yang mendukung pengalaman pengguna yang positif. Studi kasus dari berbagai proyek arsitektur menunjukkan bahwa bangunan yang berhasil mengintegrasikan branding dalam desainnya cenderung lebih mudah dikenali, diingat, dan dihargai oleh publik. Melalui analisis mendalam dan tinjauan literatur, artikel ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik terhadap branding dalam arsitektur, yang tidak hanya fokus pada aspek visual tetapi juga pada pengalaman dan persepsi keseluruhan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa branding yang efektif tidak hanya melibatkan elemen visual seperti logo, warna, dan signage, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dan filosofi yang diusung oleh desainernya dan dapat secara signifikan meningkatkan nilai estetika dan komersial bangunan arsitektur, menciptakan karya yang tidak hanya indah secara visual tetapi juga bermakna dan berkesan bagi masyarakat. Penelitian ini juga membahas bagaimana branding dapat menjadi pembeda antara bangunan dari kompetitornya, meningkatkan persepsi kualitas, dan menarik penyewa atau investor potensial. Selain itu, branding yang kuat dapat memperkuat komunikasi nilai keberlanjutan dan inovasi, yang semakin penting dalam arsitektur kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/01/2024