Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Negeri 5 Palangka Raya

Authors

  • Maria Elisha Otis Universitas Palangka Raya
  • Yula Miranda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Titin Purnaningsih Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2199

Keywords:

Keanekaragaman Hayati , LKPD , LKPD Kontekstual , Pengembangan LKPD

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual dirancang dan disusun untuk membantu peserta didik agar mampu membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga materi pelajaran akan menjadi lebih berarti. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bentuk dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis kontekstual pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 5 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi uji ahli materi, angket validasi uji ahli media, angket validasi uji bahasa, angket respons guru dan angket respons peserta didik. LKPD diujicobakan dalam dua tahap yaitu tahap skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini telah menghasilkan produk LKPD berbasis kontekstual berbentuk buku dengan struktur yang terdiri dari (1) bagian depan yaitu sampul; judul; lembar redaksi; kata pengantar; daftar isi; daftar gambar; daftar tabel; (2) bagian isi yaitu identitas peserta didik; kompetensi dasar; tujuan pembelajaran; alat dan bahan; cara kerja; tabel pengamatan; wacana; pertanyaan; kesimpulan; (3) bagian belakang yaitu daftar pustaka; profil penulis; dan lampiran. LKPD berbasis kontekstual juga telah memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini ditunjukkan dari hasil persentase perolehan nilai kelayakan LKPD oleh ahli materi yaitu sebesar 83,45%; ahli media yaitu sebesar 90%; ahli bahasa yaitu sebesar 83,08%; respons guru yaitu sebesar 91,25%; dan respons peserta didik yaitu sebesar 84,37%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeLong, D.C. (1996). Defining Biodiversity. USA: Wildlife Society Bulletin.

Triasi, Meylisa. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Palangka Raya. Palangka Raya: Universitas Palangka Raya.

Widjajanti, Endang. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Otis, M. E., Miranda, Y., & Purnaningsih, T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Negeri 5 Palangka Raya. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2199

Issue

Section

Biology Education