Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palangka Raya

Authors

  • Selvia Erianti Universitas Palangka Raya
  • Yula Miranda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Akhmadi Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2201

Keywords:

Discovery Learning , Hasil Belajar , Metakognitif , Pencemaran Lingkungan

Abstract

Evaluasi pencapaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru hanya berorientasi pada hasil belajar yang berkaitan dengan domain kognitif tanpa memperhatikan dimensi proses kognitif, khususnya kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Hasil observasi di SMA Negeri 3 Palangka Raya menunjukkan bahwa 60% siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 3 Palangka Raya; dan (2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 3 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Pretest-Posttest control group design yang melibatkan dua kelompok sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelompok eksperimen (kelas X-MIPA 1) dan kelompok kontrol (kelas X-MIPA 3). Tes tertulis berupa pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda digunakan sebagai instrumen pengumpulan data hasil belajar kognitif. Data kemampuan metakognitif siswa dikumpulkan menggunakan instrumen angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang terdiri dari 30 pernyataan. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan analisis statistik Uji t yang dihitung menggunakan hitungan manual. Hasil analisis menunjukkan dari kemampuan metakognitif siswa bahwa thitung (3,33) > ttabel (1,99) pada taraf signifikasi 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan metakognitif siswa dengan kategori berkembang sangat baik dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung (2,51) > ttabel (1,99) pada taraf signifikasi 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan metakognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 3 Palangka Raya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest dan kemampuan metakognitif siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok control.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arifianti, Hilda. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Di Kelas V Sd Negeri Bhakti Karya Depok. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Coebima, A, D. 2006. Metakognisi : Suatu Ringkasan Kajian. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Strategi Metakognitif Pada Pembelajaran Biologi Untuk Guru-Guru Biologi Sma Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (Lpkm) Unpar. Palangka Raya : UPR

Daniel, Muhammad. 2010. Pengaruh Strategi Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Respon Mahasiswa. Jurusan Kimia Fmipa Unm. Jurnal Chemica Vol. 11 Nomor 2 Desember 2010, Hal. 1-10.

Flavell., & Cindy. 1979. Metacognition And Cognitive Monitoring : A New Area Of Cognitive - Developmental Inquiry. American Psychological Association, Inc . Diunduh Pada Tanggal 23 Maret 2019, Dari http://www/scribd.com//doc//45848755//flavell-1979metacognition-and-cognitive-monitoring.

Fauziah, Anna. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Melalui Strategi React. Forum Kependidikan, 30(1), 1-13.

Galyam, N., & Le Grange, L. 2005. Improving Thinking Skill In Science Of Learners With (Dis)Abilities. South African Journal Of Education, 25(4),Hlm.239-246.

Hadi, S. 2007. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Script Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognitif Dan Hasil Belajar Biologi. Malang : UMM.

Kusumaningtias, Anyta., Siti Zubaidah., & Sri Endah Indriwati.(April 2013). Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif , Berpikir Kritis, Dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelian Kependidikan Tahun 23 Nomor 1.

Nana, Sudjana.2009. Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mahendra., Dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Bevbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd.. Diunduh Pada Tanggal 1 April 2019, Dari http://ejournal.undiksha.ac.id/indek.php.

Masrura, Siti, Inayah. 2013. Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika. Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), Vol.1 No.1 Desember 2013:1-18.

Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpiki Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan, No.10.

Miranda, Yula. 2010. Pembelajaran Metakognitif Dalam Strategi Kooperatif Think-Pair-Share dan Think-Pair-Share Metakognitif Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Biologi Di SMA Negeri Palangka Raya. Skripsi. Palangka Raya : Universitas Palangka Raya.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Erianti, S., Miranda, Y., & Akhmadi. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palangka Raya. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2201

Issue

Section

Biology Education