Pengaruh Implementasi STEAM pada Kurikulum Biologi dan Manfaat terhadap Motivasi Belajar Siswa

The Effect of STEAM Implementation in The Biology Curriculum and Its Benefits on Students' Learning Motivation

Authors

  • Sinni Best Agustina universitas riau kepulauan
  • Yarsi Efendi Universitas Riau Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v6i2.22559

Keywords:

STEAM, Kurikulum Biologi, Motivasi Belajar, Kreativitas

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut perubahan paradigma pembelajaran dari yang bersifat konvensional menuju pembelajaran yang integratif, kreatif, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam kurikulum biologi serta manfaatnya terhadap motivasi belajar siswa. Dalam era pendidikan abad ke-21, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Pendekatan STEAM menawarkan integrasi lintas disiplin yang tidak hanya menekankan penguasaan konsep, tetapi juga keterampilan pemecahan masalah dan inovasi. Dalam konteks pembelajaran biologi, pendekatan ini diterapkan melalui proyek seperti pembuatan model 3D sistem organ, infografik siklus kehidupan, dan eksperimen berbasis teknologi. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi STEAM mampu meningkatkan motivasi intrinsik siswa karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan nyata. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan efikasi diri, kepercayaan menyelesaikan tugas-tugas biologi, dan ketertarikan terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, integrasi STEAM dalam kurikulum biologi tidak hanya memperkaya metode pembelajaran, tetapi juga berdampak positif terhadap perkembangan sikap dan minat belajar siswa. Kajian ini merekomendasikan pelatihan guru serta pengembangan modul STEAM untuk mendukung implementasi secara optimal di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yarsi Efendi, Universitas Riau Kepulauan

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Riau Kepulauan 

DOI: 10.37304/bed.v6i2.22559 DOI URL: https://doi.org/10.37304/bed.v6i2.22559
Views: 13 | Downloads: 9

References

Agustina, R., & Sitompul, H. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 1-14.

Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan kecakapan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri.

Angraini, L., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2023). Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi.

Banindro, B. S. (2018). KAPITA SELEKTA: Pengkajian Seni Rupa, Desain, Media dan Budaya. Dwi-Quantum.

Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. (2024). Implementasi model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art and mathematics): strategi peningkatan kecakapan abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501-3511. `

Barus, C. S. A. (2025). Implementasi Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Atas. Science Map Journal, 7(1), 1-5.

Faisol, F., & Astuti, P. (2024). Analisis Implementasi Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi: Peran Tingkat Keterampilan Teknologi Mahasiswa dalam Peningkatan Keterlibatan dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Efektor, 11(1), 66-83.

Faridah, Z., & Muzakki, A. (2024). Strategi Meningkatkan Potensi Kecerdasan Visual-Spasial Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Madrasah Ibtidaiyah Education Journal, 2(1), 22-31.

Halim, A. P., & Roshayanti, F. (2021). Analisis potensi penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada kurikulum 2013 bidang studi biologi SMA kelas X. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 146-159.

Herlina, L., & Azmi, T. K. K. Januari 19, 2013 oleh Lina MENCOBA MEREFLEKSIKAN HUKUM MENDEL DI ERA GENOMIK.

Isnaningrum, I., & Marliani, N. (2025). Penggunaan Steam Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 456-464.

Jaya, A. F., Marliah, S., & Apriliyan, F. N. (2024). Imlementasi Pembelajaran STEAM Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1-6.

Kartika, I., Aroyandini, E. N., Maulana, S., & Fatimah, S. (2022). Analisis prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran fisika berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(1), 23-33.

Khalishah, N., & Sholikhah, A. (2022, September). Analisis Hubungan Pendekatan STEAM dengan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 368-378).

Kusmayadi, A., Cheng, Y. S., Leong, Y. K., & Chang, J. S. (2025). Microwave-Assisted Hydrothermal Carbonization of Microalgae Grown in Swine Wastewater: Process Optimization and Application of Hydrochar for Dye Adsorption. Process Safety and Environmental Protection, 107469.

Marliani, N. (2025). Literasi Teknologi di Sekolah Dasar dalam Pendidikan STEAM. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 1(1), 166–179.

Martha, A. (2025). Pendidikan Cipta Seni dan Gerak Berbasis Budaya. Takaza Innovatix Labs.

Martha, A. (2025). Pendidikan Cipta Seni dan Gerak Berbasis Budaya. Takaza Innovatix Labs.

Mustika, R. I. (2024). Strategi Terpadu Mengintegrasikan Literasi Dasar dalam Kurikulum (Dr. Membumikan Literasi Dasar dalam Pembelajaran, 48.

Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187-197.

Nurzaelani, M. M. (2017). Peran guru dalam pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1).

Nu’man, M., & Retnawati, H. (2022). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dalam Kerangka Integrasi Sciences, Technology, Engineering, Mathematics, and Islam (STEMI).

Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(1), 190–201.

Salim, K. (2015). Pengajaran Matematik Bersasakan Animasi Untuk Meningkatkan Kefahaman Pelajar Pada Topik Dimensi 3 Di Sekolah Menengah (Doctoral dissertation, Universiti Teknologi Malaysia).

Sugita, D. (2025). Literatur Review: Penerapan Pendekatan STEAM Pada Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 103–114.

Tiasna, S. H., Athillah, N. B., Yolanda, V. P., Surabaya, U. N., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Steam Melalui Budaya Lokal “ Batik Jumput ’ Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–6.

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152-161.

Yusdianti, S., Putra, P., & Nurdiansyah, A. (2025). Pengelolaan Arsip Dinamis di Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung. Journal of GLAM Terekam Jejak, 1(1), 71-85.

Zalsa, T. (2025). Studi Literatur: Efektivitas Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 174–183.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Agustina, S. B., & Yarsi Efendi. (2025). Pengaruh Implementasi STEAM pada Kurikulum Biologi dan Manfaat terhadap Motivasi Belajar Siswa: The Effect of STEAM Implementation in The Biology Curriculum and Its Benefits on Students’ Learning Motivation. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 6(2), 28–39. https://doi.org/10.37304/bed.v6i2.22559

Issue

Section

Biology Education