Pengaruh Model Blended Learning pada Keterampilan Berpikir Analitik Mahasiswa

The Effect of Blended Learning Model on Undergraduate Students' Analytical Thinking Skills

Authors

  • Yula Miranda Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Saritha Kittie Uda Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Nuriman Wijaya Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya
  • Bintang Sariyatno Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.4314

Keywords:

Blended learning, Keterampilan Berpikir Analitik, Pendidikan Biologi

Abstract

Global pandemik Covid-19 yang juga melanda Indonesia turut pula berdampak luas dalam kegiatan pendidikan dan akademik mahasiswa termasuk di bidang pendidikan biologi dimana pembelajaran dan praktikum secara tatap muka menjadi sangat dibatasi. Dalam upaya memenuhi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), maka perlu ada berbagai inovasi pembelajaran termasuk dengan melakukan modifikasi pada model pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning yaitu model pembelajaran yang menggabungkan unsur tatap muka dan pembelajaran secara daring (online learning), terhadap keterampilan berpikir analitik pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Belajar dan Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya dengan membandingkan penggunaan daring Aplikasi Zoom dan Aplikasi Google Class Room. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan identifikasi mahasiswa merinci elemen-elemen dari suatu masalah; relasi utama antara elemen-elemen dalam suatu unsur; serta kemampuan mengenal suatu elemen dalam relasi dari struktur kompleks terhadap objek belajar adalah lebih terampil dengan menggunakan daring Aplikasi Zoom dibandingkan dengan menggunakan daring Aplikasi Google Class Room. Hasil respon mahasiswa menunjukkan bahwa adanya jaringan internet yang lemah menjadi kendala utama dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan sebanyak 52% responden menyatakan cukup puas dengan penerapan blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, B.M. (2021). The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities, 4(1). DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1626

Creswell, J.W and Poth, C.N. (2016). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Book 4th edition. SAGE Publications. The UK. ISBN: 978-1-5063-3020-4.

Dewi, Y. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran Berdasarkan Taxonomy Bloom. Dari buku: Inovasi Pembelajaran Yang Berorientasi Pada OBE (Outcome-Based Education) Di Pendidikan Tinggi, 35–46. Penerbit Media Sains Indonesia. ISBN; 978-623-362-410-7.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Mahfud, C., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Sinapoy, M. S., Rafliana, I., Djalante, S., & others. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6:100091. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: The new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3.

Haryono, A., & Adam, C. (2021). The implementation of mini-research project to train undergraduate students’ scientific writing and communication skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 159-170. doi: https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i2.15838

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning styles and learning spaces: enhancing experiential learning in higher education. Academy of Management Learning and Education, 4(2), 193–212. https://doi.org/10.5465/AMLE.2005.17268566

Köse, U. (2010). A blended learning model supported with Web 2.0 technologies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2794–2802.

Mesterjon. (2021). Teori Dan Konsep Manajemen sistem Pembelajaran 4.0. Buku cetakan pertama. Penerbit Deepublish. ISBN elektronik: 978-623-02-3559-7.

Rahayu, A. (2018). The Analysis of Students’ Cognitive Ability Based on Assessments of the Revised Bloom’s Taxonomy on Statistic Materials. European Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 80–85. DOI: https://doi.org/10.26417/ejms.v7i2.p80-85.

Tim Pendidikan Biologi Universitas Palangka Raya. (2018). Kurikulum Program Studi Pendidian Biologi. Dokumen tidak dipublikasikan. Universitas Palangka Raya.

Yarrow, N., Masood, E., Afkar, R. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia: How to Turn the Tide. World Bank, Washington, DC. © World Bank. https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/34378 License: CC BY 3.0 IGO.”

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Miranda, Y., Uda, S. K., Wijaya, N., & Sariyatno, B. (2021). Pengaruh Model Blended Learning pada Keterampilan Berpikir Analitik Mahasiswa: The Effect of Blended Learning Model on Undergraduate Students’ Analytical Thinking Skills. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 2(2), 77–83. https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.4314

Issue

Section

Biology Education

Most read articles by the same author(s)