Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Fotosintesis di SMP Negeri 16 Palangka Raya
The Influence of the Problem Based Learning Model on the Learning Outcomes of Class VII Students on Photosynthesis Material at SMP Negeri 16 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/bed.v4i2.12641Keywords:
Fotosintesis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based LearningAbstract
Ilmu pengetahuan berperan sangat penting dalam meningkatkan kehidupan manusia. Salah satu ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam meningkatkan kehidupan manusia adalah ilmu biologi. Jika diajarkan dengan benar, sesuai metode ilmiah, ilmu biologi berpotensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, terutama kemampuan berpikir kritis peserta didik, meningkatkan sikap yang baik dan luhur serta dapat meningkatkan keterampilan peseta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Namun sayang, hasil pembelajaran IPA (biologi) saat ini berbanding terbalik dengan harapan yang diinginkan. Hal itu terjadi karena kekeliruan yang terjadi pada pembelajaran biologi itu sendiri. Akhir-akhir ini pembelajaran biologi lebih banyak menekankan pada penguasaan konsep semata, tidak diimbangi dengan penekanan sikap dan keterampilan yang memadai. Dalam menyongsong abad 21 salah satu kemampuan yang dituntut dari siswa adalah kemampuan bepikir kritis. Oleh karena itu guru sebaiknya berupaya semaksimal mungkin dalam mengelola pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk bisa berpikir kritis. Model pembelajaran berbasis masalah dipercaya bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Di kelas VII SMP Negeri 16 Palangkaraya tidak pernah dilakukan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model belajar Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VII SMP Negergi 16 Palangka Raya.
Downloads
References
Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasilbelajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi). 4(3). 25-36
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekstan Praktik. Jakarta : Rneka Cipta.
Aulia, Z. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning secara daring terhadap hasil belajar kognitif pesertadidik pada materi hidrokarbon dan minyak bumi kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Prafi. Arfak Chem.: Chemistry Education Journal. 4(1). 289-294.
Hasibuan, R. N., Azmi, S.S,. & Savana, H. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Basd Learning (PBL) pada materi pemanasan global kelas VII SMP swasta Dr, Wahidin Sudirohusodo Medan tahun ajaran 2021/2022. Action : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(2), 205-213.
Indrawan, F., Anisa, A., & Hambali, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep ekosistem. Hybrid : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, I(1), 27-32
Juliawan, D.(2012). Pengaruh model pembelajaran berbasisis masalah terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal : Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).
Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL (Pembelajaran Berbasis Masalah) Surabaya : Media Sahabat Cendekia.
Nawipa, Y., & Tualena, L. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Arfak Chem: Chemistry Educational Journal. 3(1), 186-192.
Oktaviani, L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Putera, I. B. N. S (2012). Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).
Setiawan, W, E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaan Konsep dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA kelas V SD. Tunas Bangsa Jurnal, 7(1), 116-126.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sulatri S., Imran, I., & Firmansyah A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Utami, T. S., Santi, D., & Suparman, A. R., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manokwari (Studi Pada Materi Dasar Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem:Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 21-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuriman Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.