Pengembangan Media Pembelajaran Video Online dengan Menggunakan Powtoon Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v5i2.7791Keywords:
Media Pembelajaran Video Online, Pengembangan Model 4-D, Powtoon, Usaha dan EnergiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi ahli media dan materi, serta respon guru fisika terhadap media pembelajaran video online dengan menggunakan Powtoon pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 4 Palangka Raya. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Model 4-D memiliki empat tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap penyebaran pada penelitian ini tidak dilakukan, karena penelitian hanya dilaksanakan di satu sekolah saja. Sasaran produk dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika SMA Negeri 4 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian validasi ahli media dan materi, serta pemberian angket respon guru. Hasil analisis penilaian validasi ahli media dan materi menunjukkan nilai rata-rata 0,87 untuk pertemuan ke-1, untuk pertemuan ke-2 dan ke-3 menunjukkan nilai rata-rata 0,86 dengan kriteria sangat valid sehingga media pembelajaran video online dengan menggunakan Powtoon untuk setiap pertemuan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil analisis penilaian respon guru menunjukkan nilai rata-rata 0,93 untuk pertemuan ke-1, untuk pertemuan ke-2 dan ke-3 menunjukkan nilai rata-rata 0,92 dengan kriteria sangat valid sehingga media pembelajaran video online dengan menggunakan Powtoon untuk setiap pertemuan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Arista Krisdianti, Theo Jhoni Hartanto, Pri Ariadi Cahya Dinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.