Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP

Authors

  • Asa Nugroho Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya
  • Gunarjo Suryanto Budi Universitas Palangka Raya

Keywords:

model pembelajaran POE, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, cahaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model POE pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan rancangan one-shot case study. Sampel penelitian adalah kelas VIII-2 di salah satu SMP di Palangka Raya dengan jumlah 23 orang siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu diperoleh 23 siswa yang mengikuti tes, 14 siswa tuntas belajarnya dan 9 siswa tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tidak tuntas karena hanya 60,00% siswa yang tuntas belajarnya. Persentase ini tidak mencapai standar ketuntasan klasikal yaitu  75%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tes keterampilan proses sains yang diikuti sebanyak 23 siswa diperoleh 2 (8,7%) siswa memperoleh kategori sangat baik, 17 (73,9%) siswa memperoleh kategori baik dan 4 (17,4%)  siswa memperoleh kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Nugroho, A., Hartanto, T. J., & Budi, G. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1–6. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i1a1