PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP SWASTA GRAHA KIRANA MEDAN

Authors

  • Zon Saroha Ritonga Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1673

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana peran Perencanaan Pendidikan dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Perencanaan Pendidikan yang ada belum berorientasi pada tujuan pendidikan secara menyeluruh. (2) Mutu pendidikan sudah mengalami peningkatan, kepala sekolah terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. (3) Perencanaan pendidikan mengalami beberapa hambatan, kepala sekolah telah berupaya menjalankan fungsi-fungsi manajerialnya salah satunya membuat perencanaan dengan semaksimal mungkin, namun yang menjadi kendala adalah kurangnya tenaga administrasi yang ahli dalam membuat perencanaan pendidikan. Kesimpulan penelitian ini yaitu: Secara teori pihak sekolah telah memahami pentingnya perencanaan pendidikan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu: berkaitan dengan peningkatan mutu guru dengan merekrut guru-guru yang sesuai dengan kompetensi lulusannya, berkaitan dengan mutu siswa sekolah meningkatkan mutu pembelajarandengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru-guru, sedangkan berkaitan dengan mutu sarana dan prasarana sekolah berusaha melakukan pengadaan secara berkala.

Abstract: This study aims to reveal the role of educational planning in improving the quality of education. The method used in this research is a qualitative research approach. The research data validation was done by using triangulation technique through observation, interview and document study. The results of this study reveal three findings, namely: (1) The existing educational planning has not been oriented towards overall educational goals. (2) The quality of education has improved, the principal continues to strive to improve the quality of education in these schools. (3) Educational planning has experienced several obstacles, the principal has tried to carry out its managerial functions, one of which is to make planning as much as possible, but the problem is the lack of administrative personnel who are skilled in making educational planning. The conclusion of this study is: In theory, the school has understood the importance of educational planning as an effort to improve the quality of education, there are several steps taken, namely: relating to improving the quality of teachers by recruiting teachers according to the competence of their graduates, related to the quality of school students to improve quality learning by providing trainings to teachers, while related to the quality of school facilities and infrastructure, they try to carry out regular procurement.

References:

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn, W. N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ennoch, J. (1992). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2007) Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage.

Mesiono. (2010). Manajemen dan Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Salim, S., & Syahrum, S. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sitepu, A. (1985). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Paramadina.

Susmaini, M. R. (2007). Teori Manajemen Menuju Efektivitas Pengelolaan Organisasi, Bandung: Citapustaka Media.

Syafaruddin.   (2002). Manajemen  Mutu  Terpadu  dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi.  Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (2004). Standar Nasional Pendidikan: Suatu Tinjauan Kritis. Bandung: Rineka Cipta.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Ritonga, Z. S. (2020). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP SWASTA GRAHA KIRANA MEDAN. Equity In Education Journal, 2(2), 77–87. https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1673