MODEL KEPEMIMPINAN DAYAK DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH

Authors

  • Indra Perdana FKIP Universitas Palangka Raya, Palangka Raya
  • Joni Bungai FKIP Universitas Palangka Raya, Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1674

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model atau pola kepemimpinan Dayak yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SDN Percobaan Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas melalui teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang dilakukan dengan menerapkan kepemimpinan demokratis dan transformasional melalui penerapan nilai-nilai budaya Dayak yang direalisasikan melalui program kerja sekolah yang jelas dan terukur dengan mendasarkan pada prinsip MBS dan TQM mampu meningkatkan mutu pendidikan pada SDN Percobaan Palangka Raya. 

Abstract: This study aims to describe the Dayak leadership model or pattern implemented by the principal to improving the quality of schools at SDN Percobaan Palangka Raya. This research was conducted using a qualitative approach with a case study design. Data collection techniques through interviews, observation and documentation study. The data analysis was performed using a qualitative descriptive method. Data validity checks are carried out with credibility through data and source triangulation techniques. The results showed that the principal's leadership by implementing democratic and transformational leadership through the application of Dayak cultural values realized through clear and measurable school work programs based on the principles of MBS and TQM was able to improve the quality of education at SDN Percobaan Palangka Raya.

References: 

Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1).

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research in Education: an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Bukhari, A. (2012). Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Berbasis Total Quality Management (TQM). Dinamika Ilmu, 12(2). 

Bungai, J., & Perdana, I. (2017, 19-21 May). Implementation of Dayaknese Educational Philosophy Pintar Harati at Elementary School in Palangka Raya. Paper presented on First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017). Diterima dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/ice-17/25893064.

Cheng, A. L. F., & Yau, H. K. (2011). Headmasters’ and Teachers’ Perceptions of Quality Management in Hong Kong Primary Schools. Quality Assurance in Education, 19(2), 170-186. doi: https://doi.org/10.1108/09684881111125069.

Ehinola, B. G., & Victor, A. A (2018). Total Quality Management (TQM) Practices Adopted by Head Teachers for Sustainable Primary Education in Northern Senatorial District of Ondo State, Nigeria. International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 4(7), 182-188.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. doi: 10.25078/jpm.v3i1.90.

Marshall, C., & Rossman, G. B. (1989). Designing Qualitative Research. Newbury Park, CA: Sage.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit UI Press.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Praptiwi, E. (2019). Model Kepemimpinan Kepala SDIT dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di SDIT Al-Kautsar Gumpang Kartasura). Tesis tidak dipublikasikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Sekolah Pascasarjana. Diterima dari: http://eprints.ums.ac.id/70637/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Riwut, N. (2003). Maneser Panatau Tatu Hiang Menyelami Kekayaan Leluhur. Palangka Raya: Pusakalima.

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SdN 018 Balikpapan. Journal Administrasi Negara, 1(2), 395-409.  

Saleh, K., & Aini, A. N. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi tentang Peran Kepala MTSN Model Samarinda dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru). Fenomena, 6(1), 19-37. doi: https://doi.org/10.21093/fj.v6i1.159.

Samino., & Suwardi. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun. Manajemen Pendidikan, 9(2), 186-195. doi: 10.23917/jmp.v9i2.1700.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Perdana, I., & Bungai, J. (2020). MODEL KEPEMIMPINAN DAYAK DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH . Equity In Education Journal, 2(2), 114–120. https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1674