MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN (VOKASI) BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLBN-1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Setiawan Universitas Palangka Raya
  • Suriansyah Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Sundari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2477

Keywords:

Manajemen Program Vokasi, Anak Berkebutuhan Khusus.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Program Keterampilan (Vokasi) bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLBN-1 Palangka Raya. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu pada Perencanaan program Vokasi dimulai dari struktur kurikulum, kebutuhan dasar yang disusun oleh guru-guru dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan program Vokasi sudah sangat baik dengan kegiatan pembelajaran sesuai perencanaan dan guru selalu mendampingi dan membimbing peserta didik dalam pelaksanaannya sampai  memiliki kemampuan menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Peserta didik yang dianggap mampu akan melaksanakan praktik magang selama satu bulan pada dunia usaha/dunia industri ataupun di instansi pemerintah/swasta melalui MoU yang sudah terjalin. Hal lain yang mendukung pelaksanaan program  ini yaitu dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Evaluasi program sudah baik, dibuktikan dengan adanya evaluasi dan pengawasan oleh kepala sekolah serta guru-guru telah melaksanakan evaluasi dari praktik mandiri di kelas sampai praktik magang.

Abstract: TThis study aims to describe the Management Skills (Vocational) Program for Children with Special Needs in SLBN-1 Palangka Raya. The research method used qualitative descriptive from primary and secondary data sources. Data collection used techniques: interviews, observation and document study. Data analysis using interactive data analysis, including: data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results show that: (1) Vocational program planning starts from the curriculum structure, the basic needs compiled by the teachers in the syllabus and lesson plans (RPP); (2) The implementation of the Vocational program has been very good with learning activities according to planning and the teacher always accompanies and guides students in its implementation until they have the ability to produce a quality product; (3) Program evaluation is good, as evidenced by the existence of evaluation and supervision by the principal and teachers who have carried out evaluations from independent classroom practice to apprenticeship practice.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, S. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriani, Y. (2017). Persepsi Guru Pendidikan Khusus Terhadap Buku Guru dan Buku Siswa dalam Kurikulum 2013 bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(2).

Ishartiwi. (2012) Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. JurnalJurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP UNY. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4219.

Ikhtiyarini, P. (2013). Mengenal Pendidikan Vokasi. Pewara Dinamika Universitas Negeri Yogyakarta, 14(62).

Jaya, H. (2017) Keterampilan Vokasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus “Perawatan & Perbaikan Alat Elektronika”.Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prihatin, E., Aprilia, I. D., & Permana, J. (2018). Model Manajemen Pendidikan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 306-317. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15002

Santoso, H. (2012). Cara Memahami & Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY PRESS.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarna, A., Wijoyo, H., Indrawan, I., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69.

Wahyuni, N. (2018). Peran Pendidikan Vokasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Menghadapi Tantangan Zaman. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 137-147. doi: http://dx.doi.org/10.30738/keluarga.v4i2.5173.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Setiawan, Suriansyah, & Sundari. (2021). MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN (VOKASI) BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLBN-1 PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2477