MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA

Authors

  • Jentry Lumban Batu FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Teti Berliani FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Piter Joko Nugroho FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2696

Keywords:

Manajemen, Penguatan Pendidikan Karakter, SMK Karsa Mulya, Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Melalui teknik purposive sampling ditetapkan sumber data dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Sekolah, Tim Pengembang PPK, Koordinator Program PPK, Guru dan Tenaga Kependidikan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola interaktif data, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program PPK di SMK Karsa Mulya terlaksana dengan efektif dalam menumbuhkembangkan karakter peserta didik, dan menjadikan SMK Karsa Mulya sebagai salah satu sekolah kejuruan swasta rujukan dalam pelaksanaan program PPK di Provinsi Kalimantan Tengah.

Abstract: In general, this study aims to describe the Management of Character Education Strengthening Program (PPK) at SMK Karsa Mulya Palangka Raya. This research is a qualitative research with a case study design. Through purposive sampling technique, the data sources in this study were determined, including: Principal, PPK Development Team, PPK Program Coordinator, Teachers and Education Personnel. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis used an interactive pattern of data, including: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Validation of data using triangulation of sources and methods. The results showed that the management of the PPK program at SMK Karsa Mulya was carried out effectively in developing student character, and making SMK Karsa Mulya as one of the referral private vocational schools in the implementation of PPK program in Central Kalimantan Province.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amtu, O. (2013). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, N. (1996). Landasan Manajemen Pendidikan. Cetakan VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handoko, T. H. (2017). Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2020). Karakter sebagai Poros Pendidikan. Diterima dari https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/q-a/.

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(3).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Mulyono, M. A. (2010). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria, 5(2).

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karaker

Purwadhi. (2018). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Mewujudkan Karakter Bangsa. Atikan, 8(2).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3).

Sudjana, S. 2004. Manajemen Program Pendidikan (untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surawati, N. M., & Suasthi, I. G. A. (2019). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. Widyanatya, 1(1). Doi: https://doi.org/10.32795/widyanatya.v1i1.268.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4(1).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Lumban Batu, J., Berliani, T., & Nugroho, P. J. (2021). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2696