ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT DI KELURAHAN BANTURUNG KECAMATAN KOTA BATU KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Naomi Noer Fadilah Amri Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya
  • Maleha Maleha Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jsea.v17i2.7524

Keywords:

Cabai Rawit, Pemasaran, Efisiensi, Bagian Petani

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis margin, biaya, keuntungan dan efisiensi pemasaran cabai rawit di Kelurahan Banturung Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Penulisan ini untuk mengetahui bagian harga yang diterima petani dari pemasaran cabai rawit di Kelurahan Banturung Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Penelitian ini terhitung dari bulan November 2020 sampai Juni 2021 dan sampel petani yang diambil sebanyak 9 orang, sampel pedagang diambil menggunakan sistem snowball atau mengikuti alur dari pemasaran cabai rawit, hingga didapat pedagang pengumpul 7 orang dan pedagang pengecer sebanyak 2 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode sensus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara dengan responden sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dengan penelitian. Pengolahan dan analisis data menggunakan data kualitatif diolah dengan cara deskriptif yaitu hasil pengamatan di lapangan diuraikan dalam bentuk kalimat dan data kuantitatif dilakukan dengan bantuan alat hitung atau komputer perangkat lunak miscrosoft excel dengan perhitungan disesuaikan dengan alat analisis yang digunakan. Diketahui bahwa terdapat 3 saluran pemasaran cabai rawit di Kelurahan Banturung Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, terdapat 2 lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Rata-rata fungsi yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Total margin pada saluran I sebesar Rp 0/Kg cabai rawit hijau atau merah. Pada saluran II total margin cabai hijau sebesar Rp 11.000/Kg dan cabai rawit merah sebesar Rp 10.000/Kg. Total margin pada saluran III yaitu cabai rawit hijau sebesar Rp 20.000/Kg dan cabai rawit merah sebesar Rp 35.0000/Kg. efisiensi pada saluran I cabai rawit hijau dan merah sebesar Rp 0,00%, pada saluran II cabai rawit hijau sebesar 12,79% dan cabai rawit merah 10,52% dan pada saluran III cabai rawit hijau sebesar 21,05% dan cabai rawit merah sebesar 31,81%. Bagian yang diterima petani pada saluran I yaitu cabai rawit hijau dan merah sebesar 100,00%, pada saluran II cabai rawit hijau sebesar 87,20% dan cabai rawit merah sebesar 89,47%, pada saluran III cabai rawit hijau sebesar 78,94% dan cabai rawit merah sebesar 68,18%. Dapat disimpulkan bahwa ketiga saluran pemasaran efisien sebab lebih dari 40,00% bagian yang diterima petani dan saluran yang paling efisien yaitu saluran I

This research wased conducted to analyze the margins, costs, profits and marketing efficiency of cayenne pepper in Banturung Village Bukit Batu District Palangka Raya City. This writing is to determine the Farmer’s share from the marketing of cayenne pepper in Banturung Village Bukit Batu District Palangka Raya City. This research is counted from November 2020 to June 2021 and samples of farmers were taken as many as 9 people, samples of traders were taken using the snowball system or following the flow of cayenne pepper marketing, until 7 traders were collected and 2 retailers were obtained. This research method using census method. This types of data used in this study in clude primary data and secondary data. Primary data were obtained from direct observation and interviews with repondents, while secondary sta were obtained from agencies related to research. Processing and data analysis using qualitative data is processed in a descriptive way, namely the results of observations in the field are described in the from of sentences and quantitavie data is carried out with the help of calculating tools or microsoft excel software computers with calculations adjusted to the tools analysis used. It’s known thate there are 3 marketing channels for cayenne pepper in Banturung Village Bukit Batu District Palangka Raya City, there are 2 marketing agencies, namely collectors and reatailers. The avarage function performed is the exchange function, physical function and facility function. The total margin in channel I is Rp 0/Kg of green or red cayenne pepper. In channel II the total margin for green cayenne pepper is Rp 11.000/Kg and red red cayenne pepper is Rp 10.000/Kg. The total margin in channel III is green chilies of Rp 20.000/Kg and red chilies of Rp 35.000/Kg. Marketing efficiency I on green and red cayenne pepper is 100,00%, in channel II green cayenne pepper is 87,20% and red cayenne pepper is 89,47%, in channel III green cayenne pepper is 78,94% and red cayenne pepper by 68,18%. It can be concluded tha the three marketing channels are said to be efficient because more than 40,00% of the share received by farmers and the most efficient channel is in channel I and the share received by farmers occurs in channel I.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-09-2022