Pengembangan Website Edukasi dan Deteksi Stress Dini pada Mahasiswa

Authors

  • Ahmad Iqbal Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Depro Winoto Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Ressa Priskila Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Widiatry Widiatry Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i4.20944

Keywords:

Stres Mahasiswa, Deteksi Dini, Edukasi Kesehatan Mental, Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42), Website

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akibat tuntutan akademis, tekanan sosial, dan perubahan gaya hidup. Deteksi dini terhadap stres diperlukan untuk mengidentifikasi gejala awal dan mencegah dampak buruk terhadap kesehatan mental. Laporan ini memaparkan pengembangan sebuah website berbasis teknologi modern yang bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus mendeteksi stres dini pada mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem menggunakan Figma dan Draw.io, implementasi dengan Visual Studio Code, Node.js, serta Bootstrap, dan pengujian menggunakan metode Blackbox Testing. Untuk mengukur tingkat stres, digunakan metode Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42). Website ini dirancang memiliki fitur utama seperti deteksi stres, edukasi kesehatan mental, serta komunitas interaktif yang memungkinkan pengguna berbagi cerita.
Hasil pengembangan menunjukkan bahwa website ini dapat membantu mahasiswa mengenali tingkat stres dan menyediakan informasi untuk mengelola stres dengan lebih baik. Diharapkan, website ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya kesehatan mental dan menjadi langkah awal dalam pencegahan gangguan mental yang lebih serius.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Iqbal, A., Winoto, D., Priskila, R., & Widiatry, W. (2023). Pengembangan Website Edukasi dan Deteksi Stress Dini pada Mahasiswa. Journal of Information Technology and Computer Science, 3(4), 265–274. https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i4.20944

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.