Perancangan Website Pemasaran Kerajinan dan Camilan Khas Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i4.20946Keywords:
Pemasaran Digital, Kerajinan Lokal, Camilan Tradisional, Website, Kalimantan TengahAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran produk secara online menjadi salah satu cara memperkenalkan dan menjual produk khas daerah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah website yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, melakukan pemesanan, serta melakukan transaksi pembayaran produk secara online sebagai upaya untuk mendukung pemasaran dan pengembangan kerajinan dan camilan khas Kalimantan Tengah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Waterfall. Proses dimulai dengan pengumpulan data melalui studi literatur dari penelitian-penelitian terdahulu. Dalam tahap perancangan, dibuat diagram alur (Flowchart), Diagram Konteks, Data Flow Diagram, serta Entity Relationship Diagram (ERD), yang menjelaskan alur data dan interaksi sistem secara rinci. Setelah implementasi, pengujian dilakukan menggunakan metode Blackbox Testing untuk memastikan setiap fitur berfungsi sesuai harapan, baik dari sisi pengunjung, pelanggan, maupun admin. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya website sederhana yang dapat digunakan pengunjung untuk mencari produk, melakukan pemesanan, dan menyelesaikan pembayaran. Selain itu, website ini juga memungkinkan admin untuk mengelola produk dan transaksi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.