PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII DI DDI ALLIRITENGAE MAROS

PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII DI DDI ALLIRITENGAE MAROS

Authors

  • Melita Sumomba Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Farida Febriati Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12253

Keywords:

pengembangan, kuis interaktif, game edukatif, bahasa inggris

Abstract

ABSTRAK
Pentingnya mengembangkan media pembelajaran merupakan salah satu faktor
penentu dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)
Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kuis interaktif pada mata pelajaran
bahasa Inggris terhadap game Edukatif sebagai media evaluasi kelas VII di DDI
Alliritengae Maros, (2) Mendesain kuis interaktif mata pelajaran bahasa Inggris
berbasis game edukatif sebagai media evaluasi kelas VII di DDI Alliritengae Maros,
(3) Menghitung validitas dan kepraktisan kuis interaktif berbasis game edukatif
sebagai media evaluasi pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII di DDI
Alliritengae Maros. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia
Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 tahapan yakni konsep
(concept), desain (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan
(assembly), pengujian (testing), distribusi (distibution). Dari hasil uji coba diperoleh
hasil 92,61% dimana pada tabel konversi tingkat kepraktisan berada pada kategori
sangat praktis dengan keterangan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil uji coba kuis
interaktif berbasis game edukatif dikatakan sangat praktis dengan aspek yang dinilai
yaitu kejelasan materi, tampilan dan desain kuis interaktif berbasis game edukatif
yang menarik sehingga dapat menumbuhkan semangat dan juga motivasi siswa
untuk mengikuti evaluasi pembelajaran, selain itu produk game edukatif ini mudah
dioperasikan dan dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hasil analisis kebutuhan yang
diperoleh melalui angket atau kuesioner yang diisi oleh siswa kelas VII yang sedang
mengikuti pelajaran Bahasa Inggris didapatkan hasil bahwa dalam proses evaluasi
mata pelajaran dibutuhkan media evaluasi berbasis game edukatif yang lebih praktis
dan efisien. game edukatif yang dikembangkan dengan acuan RPP kemudian
menentukan teks soal berdsarkan indikator capaian tiap materi lalu dirancang dalam
bentuk soal evaluasi berupa soal pilihan ganda, essai, benar atau salah dan juga kuis
dengan audio. Kuis interaktif berbasis game edukatif yang dikembangkan
menggunakan aplikasi Kahoot. Pada tahap validasi game edukatif, dilakukan validasi
oleh dua orang validator yang ahli dibidangnya dengan memperoleh skor yang
berada pada kualifikasi baik sehingga game edukatif yang dikembangkan dapat
dikatakan valid untuk digunakan dalam proses evaluasi pada mata pelajaran Bahasa
Inggris.

ABSTRACT
The importance of developing learning media is one of the determining factors in
learning success. This research aims to: (1) Identify the need for developing
interactive quizzes in English subjects with educational games as an evaluation
medium for class VII at DDI Alliritengae Maros, (2) Design interactive quizzes for
English subjects based on educational games as evaluation media for class VII in
DDI Alliritengae Maros, (3) Calculating the validity and practicality of educational
game-based interactive quizzes as an evaluation medium in class VII English
subjects at DDI Alliritengae Maros. In this research, the method used is the
Multimedia Development Life Cycle, where this method has 6 stages, namely
concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. . From the test results, a result of 92.61% was obtained, where in the conversion table the level of
practicality was in the very practical category with information that did not need to be
revised. Based on the results of the interactive quiz trial based on educational games,
it is said to be very practical with aspects assessed, namely clarity of material,
appearance and design of interactive quizzes based on educational games that are
attractive so that they can foster enthusiasm and also motivate students to take part
in learning evaluations, apart from that, this educational game product is easy.
operated and carried out anytime and anywhere. The results of the needs analysis
obtained through questionnaires filled out by class VII students who were taking
English lessons showed that in the subject evaluation process a more practical and
efficient educational game-based evaluation media was needed. Educational games
that are developed with RPP as a reference then determine the text of the questions
based on achievement indicators for each material and then design them in the form
of evaluation questions in the form of multiple choice questions, essays, true or false
and also quizzes with audio. Interactive quiz based on educational games developed
using the Kahoot application. At the educational game validation stage, validation is
carried out by two validators who are experts in their fields by obtaining scores that
are in good qualifications so that the educational game developed can be said to be
valid for use in the evaluation process in English subjects. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-20