Pemanfaatan media Pop-up book terhadap peningkatan kompetensi guru dalam merancang media sederhana di paud
Keywords:
Poop-up book, Kompetensi guru, Meda sederhanaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu media yang digunakan masih kurang inovatif, Guru
menggunakan media sederhana buku namun di dalam penggunaannya masih kurang
maksimal dilihat dari perilaku siswa yang kurang tertarik menggunakan media buku dalam
proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah ” bagaimanakah
gambaran pemanfataan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Peningkatan
Kompetensi Guru dalam Merancang Media Sederhana di TK Rama Makassar?” ,
“bagaimanakah gambaran kompetensi guru dalam Merancang media Sederhana di TK Rama
Makassar?”, “apakah ada Pengaruh Pelatihan Media Pop-Up Book Terhadap Peningkatan
Kompetensi Guru dalam Merancang Media Sederhana ?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
menggambarkan pelaksanaan Pelatihan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Media Sederhana di TK Rama Makassar,
untuk menggambarkan kompetensi guru dalam Merancang media Sederhana di TK Rama
Makassar dan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pelatihan Media Pop-Up Book Terhadap
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Media Sederhana.Pendekatan yang
digunakan yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Pre-Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 14 guru yang ada
di TK Rama Makassar. Sedangkan objek penelitian yang akan diteliti disini adalah pelatihan
media Pop-Up Book. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan pelatihan media Pop-Up
Book dilaksanakan di TK Rama Makassar dengan meliputi materi baik teori maupun praktek
dengan rekapitulasi hasil observasi aktifitas peserta pelatihan dengan persentase tingkat
pencapaian berada pada kategori sangat efektif. Gambaran kompetensi guru menunjukkan
peningkatan pemahaman guru setelah mengikuti pelatihan dan penilaian media yang telah
dibuat oleh guru yang berada pada kategori baik sekali. Pelaksanaan pelatihan media
sederhana Pop-Up Book menunjukkan hasil sangat efektif berdasarkan hasil observasi
peserta pelatihan. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Hal
ini sekaligus menjawab hipotesis H1yaitu Ada Pengaruh pelatihan media sederhana Pop-Up
Book Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dalam merancang media sederhana Di TK
Rama Makassar.