ANALISIS PROGRAM P5: KREASI PIGURA KAIN SASIRANGAN SEBAGAI UPAYA MENDORONG KREATIVITAS SISWA SDN KUIN CERUCUK 5

Authors

  • Faridah Hayati Hayati Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah
  • Arta Mulya Budi Harsono
  • Ari Hidayat
  • Fathul Jannah

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.18334

Keywords:

Kreativitas, P5, Sasirangan, Budaya Lokal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui kegiatan kreasi pigura berbahan kain sasirangan di SDN Kuin Cerucuk 5, yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan melestarikan budaya lokal. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dan kepala sekolah sangat penting dalam pelaksanaan program ini, baik sebagai fasilitator maupun pendukung program. Meskipun terdapat tantangan terkait keterbatasan fasilitas dan keberagaman kemampuan siswa, program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas, kerjasama, dan apresiasi budaya lokal siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan fasilitas dan dukungan lebih lanjut untuk mengoptimalkan pelaksanaan program P5 di masa depan.

Downloads

Published

2025-07-25

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.