MODEL PERIGI: JALAN BARU MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.21349Keywords:
Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa kelas IV SDN Sungai Miai 2 akibat dominasi metode pembelajaran satu arah. Hasil pretest menunjukkan 73,68% siswa belum mencapai standar. Melalui empat siklus PTK dengan model PERIGI (PBL, ENE, GI) terjadi peningkatan signifikan pada aktivitas guru (80% ke 98%), aktivitas siswa (43% ke 95%), kemampuan berpikir kritis dan analitis (26% ke 95%), hasil belajar formatif (69% ke 99%), dan sumatif (26% ke 95%). Model PERIGI terbukti efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Kritis, Analitis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Contoh Non Contoh, Investigasi Kelompok.