Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi pada Mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.37304/barigas.v1i1.8034Kata Kunci:
Kualitas Tidur, konsentrasi, PSQI, Stroop TestAbstrak
Konsentrasi adalah pemusatan pikiran, motivasi terhadap sesuatu dengan sampingan rasa kuatir, tertekan, serta panik agar tidak menghambat kesiapan seseorang. Salah satu faktor membuat sulit konsentrasi adalah kualitas tidur. Gangguan konsentrasi dapat dialami oleh pelajar, khususnya pada mahasiswa kedokteran karena secara kualitas dan kuantitas tidur terbatas. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode observasi analitik dengan desain Cross-Sectional. Sampel penelitian adalah 212 mahasiswa preklinik Angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Tehnik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Instumen dalam penelitian ini berupa kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menilai kualitas tidur dan Stroop Test untuk menilai konsentrasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 212 sampel diperoleh 55 orang memiliki kualitas tidur baik dan 157 kualitas tidur buruk. Hanya 39 orang dengan kualitas tidur baik yang memiliki konsentrasi baik. Terdapat 120 mahasiswa dengan kualitas tidur buruk namun memiliki konsentrasi baik. Hasil analisis menunjukkan nilai uji Chi Square P value (0,416 > 0,05) sehingga tidak terdapat hubungan atau keterkaitan yang signifikan antara kualitas tidur dan konsentrasi pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya.
Unduhan
Referensi
Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2015.
Dwidjo Saputro. ADHD (attention deficit/ hyperactivity disorder). Jakarta: Agung Seto; 2009.
Rohmalina Wahab. Psikologi belajar. 1st ed. jakarta: Rajawali Pers; 2018.
Guyton AC HJ. Textbook of medical physiology. Philadelphia: Elsevier Inc; 2006.
Khasanah K, Hidayati W. Kualitas Tidur Lansia Balai Rehabilitasi Sosial “ MANDIRI ” Semarang. J Nurs Stud. 2012;1(1):189–96.
Ohayon M, Wickwire EM, Hirshkowitz M, Albert SM, Avidan A, Daly FJ, et al. National Sleep Foundation’s sleep quality recommendations: first report. Sleep Heal. 2017;3(1):6–19. doi: 10.1016/j.sleh.2016.11.006
Sastrawan IMA, Griadhi IPA. Hubungan Antara Kualitas Tidur dan Daya Konsentrasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Med. 2017;6(8):1–8. doi: 10.33854/heme.v3i1.339
Masyeni C. Correlation between Sleep Quality with Concentration at the Study of the Students of Wirobrajan 3 Elementary School of Yogyakarta year 0f 2010. J Keperawatan Abdurrab. 2020;1(1):1–10.
Megawati W, Ike H, Maunaturrohmah A. Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Wonoayu Kecamatn Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Ekp. 2017;13(3):1576–80. doi: 10.54259/sehatrakyat.v1i4.1127
William MC. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Pada Mahasiswa Angkatan 2009 Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara. Universitas Sumatra Utara; 2013.
Sinulingga HA. Hubungan kuantitas tidur dengan tingkat konsentrasi pada mahasiswa STAMBUK 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada Tahun 2017. 2018.
Mujahidah FH, Wahjuni ES. Pengaruh Pola Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Smpn 5 Gresik. Jurnal Pendidik Olahraga dan Kesehatan. 2022.
Wurtman RJ. Genes, stress, and depression. Metabolism.2005;54(5 SUPPL.):16–9.
Iswari M, Wahyuni AA. Melatonin Dan Melatonin Receptor Agonist Sebagai Penanganan Insomnia Primer Kronis. E-Jurnal Med Udayana. 2013;(vol 2 no4 (2013):e-jurnal medika udayana):680–94.
Prasadja A. Ayo Bangun! dengan bugar karena tidur dengan benar. Rahman, editor. Bandung: Penerbit Hikmah; 2009.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Barigas: Jurnal Riset Mahasiswa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.